Penyebab Motor Ngebul, Begini Cara Mengatasinya Agar Tidak Tambah Parah

Penyebab Motor Ngebul, Begini Cara Mengatasinya Agar Tidak Tambah Parah

Penyebab Motor Ngebul dan Cara Mengatasinya--

radartegal.id - Ada beberapa penyebab motor ngebul yang membuat banyak orang bingung.  Karena itu kami akan berikan cara mengatasinya yang dapat Anda pertimbangkannya.

Oleh karena itu bagi Anda yang penasaran dengan penyebab motor ngebul dan cara mengatasinya bisa simak artikel radartegal.disway.id ini sampai akhir ya. Motor mengeluarkan asap putih yaitu biasa disebut dengan fogging yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna lain.

Tidak hanya mengganggu, namun hal tersebut dapat mengakibatkan polusi udara yang tidak sehat. Jadi dengan adanya penyebab motor ngebul dan cara mengatasinya bisa menemukan solusinya.

Berikut penyebab motor ngebul dan cara mengatasinya agar Anda tetap rileks, dan motor tidak perlu dibawa ke bengkel.

BACA JUGA: 3 Pilihan Motor Paling Irit Bensin Untuk Dipakai Ngojol, Plus Fitur USB Charging Gak Repot Bawa Power Bank

Penyebab motor ngebul

Penyebab pertama dari motor ngebul adalah komponen silinder atau liner pada mesin sudah mengalami aus. Silinder atau liner pada motor memiliki cara kerja seperti bergesekan secara langsung dengan piston ketika motor dalam kondisi menyala.

Hal inilah yang dapat menyebabkan pengaliran oli pada ruang pembakaran memunculkan asap. Penyebab kedua dari motor ngebul yakni karena jenis knalpot yang digunakan.

Ada beberapa jenis knalpot yang selama penggunaanya akan menyemburkan oli pada bagian-bagian tertentu. Hal ini membuat gas hasil dari emisi menjadi memanas dan menciptakan asap berwarna putih.

Penyebab ketiga yakni seal katup mengalami kebocoran. Seal katup adalah bagian dari mesin motor yang memiliki fungsi untuk jalan keluar masuknya udara pada ruang pembakaran.

BACA JUGA: Apakah Usia Komponen Sepeda Motor Ada Batas Aturan Pakainya? Begini Penjelasannya

Dampak dari kebocoran pada seal katup, dapat menyebabkan oli masuk ke dalam manifold. Penyebab keempat dari motor ngebul adalah kondisi oli pada mesin mengalami pengenceran.

Tingkat keenceran oli sangat berpengaruh dalam kinerja mesin. Oli yang terlalu encer, dapat menyebabkan oli mudah untuk masuk dalam ruang pembakaran. Sehingga oli menyatu dengan bensin.

Penyebab yang kelima yaitu, adanya masalah pada ruang pembakaran. Hal ini biasa dialami oleh motor yang sudah berusia tua. Sehingga tidak heran, jika ruang pembakaran menjadi lapuk.

Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin

Setelah mengetahui penyebab dari motor ngebul, bila masalahnya bukan karena kerusakan pada komponen mesin, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut penjelasannya:

BACA JUGA: 7 Tips Cara Merawat Mesin Motor, Perhatikan Hal Ini Agar Motor Anda Tetap Halus dan Nyaman

1. Melakukan Pemeriksaan secara Rutin

Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin yang pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Atau dengan kata lain, rutin melakukan servis pada motor. Dengan melakukan servis secara rutin, dapat memastikan kondisi motor yang sedang digunakan.

Hal yang perlu diperiksa antara lain oli mesin dan juga cairan pendingin. Disarankan untuk melakukan servis dan penggantian secara rutin.

2. Melakukan Pemeriksaan Kualitas Bahan Bakar

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi motor mesin adalah dengan memastikan kualitas dari bahan bakar yang digunakan. Kualitas dari bahan bakar sangat berpengaruh pada performa mesin.

Jika menggunakan bahan bakar dengan kualitas buruk, dapat menyebabkan motor menjadi ngebul. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan bahan bakar dengan kualitas baik melalui SPBU yang terpercaya.

BACA JUGA: Ini Nih Penyebab Mounting Mesin Motor Matic Rusak, Jangan Sampe Dibiarin!

3. Melakukan Penggantian Oli Motor

Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin yang ketiga adalah, dengan melakukan penggantian oli motor. Oli motor yang sudah mengalami penurunan kualitas, dapat mudah untuk masuk ke dalam ruang pembakaran.

Hal ini membuat kinerja ruang pembakaran menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan penggantian oli secara rutin dan berkala.

4. Melakukan Penggantian Knalpot

Cara keempat yang bisa dilakukan untuk mengatasi motor ngebul yakni dengan mengganti knalpot. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, knalpot bisa menjadi salah satu penyebab dari motor ngebul.

Kamu bisa memastikannya dengan cara melepaskan knalpot dan menyalakan motor, apabila motor tidak ngebul, maka memang benar permasalahannya terletak pada knalpot.

BACA JUGA: Mesin Motor Sulit Distarter? Bisa Jadi Busi Sudah Saatnya Diganti, Ini 6 Ciri-cirinya

5. Melakukan Penyesuaian Campuran Udara dengan Bahan Bakar

Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin yang kelima yaitu dengan melakukan penyesuaian antara campuran udara dengan bahan bakar. Campuran udara dan bahan bakar yang tidak seimbang, dapat membuat motor menjadi ngebul.

Cara untuk menyesuaikannya terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan penyesuaian karburator atau Electronic Fuel Injection (EFI) dengan mengikuti petunjuk dari ahlinya.

6. Melakukan Konsultasi Kepada Ahlinya

Cara mengatasi motor ngebul yang terakhir adalah dengan melakukan konsultasi kepada ahlinya. Cara ini bisa dilakukan apabila kelima cara di atas tidak bisa berhasil dilakukan. Sebaiknya lakukan konsultasi kepada ahlinya entah di bengkel atau tempat service manapun.

Melalui penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa ada 6 cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin yang bisa dilakukan. Caranya yaitu dengan melakukan pemeriksaan rutin, pemeriksaan bahan bakar, penggantian oli, penggantian knalpot, menyesuaikan campuran udara dengan bahan bakar, dan konsultasi kepada ahlinya.

BACA JUGA: Mengenal Keistimewaan Super Kips pada Motor Ninja Dua Tak, Teknologi Kawasaki Tekan Emisi Gas Buang

Demikian penyebab motor ngebul dan cara mengatasinya agar Anda tidak bingung. Semoga bermanfaat.

Sumber: