Apakah Usia Komponen Sepeda Motor Ada Batas Aturan Pakainya? Begini Penjelasannya

Apakah Usia Komponen Sepeda Motor Ada Batas Aturan Pakainya? Begini Penjelasannya

CAKRAM - Dengan mengetahui tentang usia komponen pada motor ini, kalian lebih bisa merawat kendaraan agar tetap optimal dan nyaman di kendarai.-(Foto: Istimewa)-

radartegal.id - Apakah ada aturan tentang usia komponen pada motor? Merawat kendaraan, khususnya motor, tidak hanya sekadar menjaga penampilan luarnya. 

Perawatan yang tepat pada komponen-komponen penting atau yang dikenal sebagai "fast moving parts" adalah kunci untuk memastikan performa motor tetap optimal dan aman digunakan. 

Namun, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mengganti komponen-komponen ini? Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai usia komponen pada motor seperti kampas rem, busi, rantai, gir, dan lain-lain.

Komponen fast moving parts pada motor meliputi berbagai bagian yang sering kali harus diganti dalam jangka waktu tertentu karena sering digunakan dan mengalami keausan. 

BACA JUGA: Ini 5 Motor Honda Paling Irit BBM yang Bandel Dibawa Healing Atau Touring, Rider Harus Tahu

Kampas rem, misalnya, adalah salah satu komponen yang vital untuk keselamatan berkendara. Meskipun tidak ada patokan pasti mengenai usia pakainya, ada beberapa tanda yang bisa menjadi indikator kapan kampas rem perlu diganti. 

Dari ketebalannya hingga bunyi yang muncul saat pengereman, semua akan dibahas secara lengkap. Berikut penjelasan lebih lanjut yang kami kutip dari channel youtube MOTOR Plus Sabtu, 25 Mei 2024.

Komponen Motor

1. Kampas Rem

Pertama, kita bahas usia pakai kampas rem motor. Menurut pabrikan, usia pakai kampas rem tidak ada patokan pastinya karena tergantung pada bahan kampas dan gaya berkendara. 

Jika kalian sering ngerem mendadak atau menggunakan kampas rem berbahan lunak, kampas rem akan cepat habis. Untuk mengetahui apakah kampas rem sudah habis, periksa ketebalannya. 

Jika mulai tipis, biasanya muncul bunyi besi beradu saat rem ditekan. Jika sudah terdengar bunyi seperti itu, sebaiknya kampas rem segera diperiksa dan diganti.

BACA JUGA: Motor Kopling Gampang Mati? Ini 5 Kesalahan yang Bikin Malu di Jalan

Sumber: