Raih Juara I Parade Gunungan Kabupaten Tegal, Seni Karawitan Lembah Manah Kumpulkan 505 Poin

Raih Juara I Parade Gunungan Kabupaten Tegal, Seni Karawitan Lembah Manah Kumpulkan 505 Poin

APRESIASI - Pj Bupati Tegal serahkan plakat dan trofi juara parade gunungan rangkaian HUT Kabupaten Tegal 423 pada Seni Karawitan Lembah Manah.-Hermas Purwadi-Radartegal.disway.id

SLAWI, radartegal.id- Berhasil meraih Juara 1 Parade Gunungan Kabupaten Tegal, Seni Karawitan Lembah Manah berhasil mengumpulkan poin penilaian 505. Poin tersebut membuat Perumda Air Minum Tirta Ayu dinobatkan sebagai jawara dalam gelaran tersebut.

Poin penilaian tersebut mengalahkan Dinas Perikanan Kabupaten Tegal yang menjadi juara 2 dengan nilai 485. Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dengan nilai 470 menjadi juara 3. 

Posisi IV dan V untuk juara harapan I dan II diraih  Dinas Pertanahan Pangan dan Pertanian dengan nilai  455, dan Dinas Sosial dengan nilai  440.

Seni Karawitan Lembah Manah besutan KRAT Brahmono Weko Pujiono Kartodipuro ST M.Eng dinobatkan panitia penilaian Parade Gunungan prosesi Kirab Pataka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-423 sebagai juara I.

BACA JUGA: Usai Penyerahan, Kirab Pataka dari Pedepokan Purbaya Digelar Bersama Parade Gunungan Hasil Bumi

BACA JUGA: Warga Berebut Gunungan Hasil Bumi dalam Kirab Pataka Hari Jadi Kabupaten Tegal

Terkait kemenangan Seni Karawitan Lembah Manah ini, KRAT Brahmono Weko Pujiono ST, MEng mengatakan, kesenian tersebut menampilkan pengrawit muda sebagai langkah renenerasi. 

"Dari media seni karawitan ini kami ingin anak muda terpanggil untuk mempelajari filosofi gamelan dengan fungsi perangkat - perangkatnya, dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari," ujarnya, Jumat, 14 Mei 2024.

Dirut Perumda Air Minum Tirta Ayu Kabupaten Tegal tersebut menyebut lewat media seni karawitan ini diharapkan bisa menaikkan kesadaran spiritual yang lebih bermanfaat, selaras harmoni dengan sesama dan alam semesta.  

"Lembah Manah mengandung arti hati yang luas, ikhlas menerima dan menampung apapun dan siapapun dalam kebersamaam pembelajaran kehidupan, untuk mencapai kedamaian dan keteduhan hari. Muaranya menuju keselamatan hakiki pada samudra Illahiah," cetusnya.

BACA JUGA: Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-423, Pj Bupati Serahkan Tombak Kyai Plered ke Keluarga Kalisoka

BACA JUGA: Dongkrak PAD Kabupaten Tegal, Pemkab Hapus Denda Keterlambatan Pajak di Hari Jadi ke-423

Seni Karawitan Lembah Manah berada di bawah asuhan pelatih Ki Sunardi dan Ki Anom Kurdo Winanto, pengrawit muda yang tak lain adalah anak-anak muda yang kesehariannya berkecimpung di pelayanan air minum tersebut digembleng secara kontinyu seminggu dua kali setiap Selasa dan Kamis malam di Paseban Lembah Manah belakang SMAN 2 Slawi.

Sumber: