Raih Juara I Parade Gunungan Kabupaten Tegal, Seni Karawitan Lembah Manah Kumpulkan 505 Poin

Raih Juara I Parade Gunungan Kabupaten Tegal, Seni Karawitan Lembah Manah Kumpulkan 505 Poin

APRESIASI - Pj Bupati Tegal serahkan plakat dan trofi juara parade gunungan rangkaian HUT Kabupaten Tegal 423 pada Seni Karawitan Lembah Manah.-Hermas Purwadi-Radartegal.disway.id

"Setidaknya kurang dalam setahun mereka kini sudah mahir memainkan irama gamelan, dan sekaligus menjadi bukti bahwa anak muda Slawi masih ada yang bisa dan cinta terhadap peninggalan adiluhung nenek moyangnya," ungkapnya. 

Beragam gending sudah dikuasai pengrawit muda Kelompok Karawitan Lembah Manah tersebut. Seperti gending Lembah Manah, Manyar Sewu, Singo Nebah, Mbokyo  Mesem, Dara Muluk, hingga Ricik - Ricik.  

Menurutnya, dibutuhkan keuletan dan kesungguhan dari pengrawit untuk bisa menguasai gending-gending tersebut. Pj Bupati Tegal Agustyarsah berkesempatan memberikan plakat dan trofi kemenangan kepada Seni Karawitan Lembah Manah Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA: Peringati Hari Jadi ke-423, Pj Bupati Agustyarsyah Ziarah ke Makam Pendiri Kabupaten Tegal  

BACA JUGA: Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-423, Pemkab Siapkan Hal Ini

Diketahui, kelompok Seni Karawitan Lembah Manah kembali terlibat dalam prosesi Kirab Pataka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal yang ke-423. Dalam momen tersebut, kelompok kesenian ini sengaja mengajak pengrawit muda untuk ambil bagian. 

Seni Karawitan Lembah Manah bersama pengrawit muda memanfaatkan momentum kirab Pataka Tombak Kyai Plered berikut Pakta Integritas untuk unjuk kebolehan. 

Sumber: