Laporan Keuangan Brebes Dinilai Baik, Pemkab Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut

Laporan Keuangan Brebes Dinilai Baik, Pemkab Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut

Pemkab Brebes kembali meraih opini WTP secara berturut-turut sejak 2019 lalu.(Istimewa)--

BREBES, Radartegal.id - Pemkab Brebes kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Perolehan atas laporan keuangan Brebes tersebut merupakan yang kelima berturut-turut yang diterima Pemkab Brebes sejak tahun 2019 lalu.

“Saya merasa bersyukur tahun ini Brebes kembali meraih WTP, ini berkat kerja keras seluruh rekan OPD Brebes dalam menata laporan keuangan dengan baik,” ucap Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar usai menerima penghargaan WTP di Kantor BPK RI Jateng, Semarang, Rabu 22 Mei 2024.

Uwan menyebutkan, meskipun laporan keuangan Brebes mencapai opini WTP, evaluasi serta koreksi terhadap indikasi temuan harus tetap diperhatikan. Apalagi ini berhubungan langsung dengan kinerja pemerintah, karena pemerintah harus bersih dan baik. 

Dia menyebutkan, kalau raihan opini WTP ini atas laporan keuangan Brebes menyadarkan semua pihak bahwa apa yang dikerjakan ada tanggung jawabnya. Menurutnya, memang tidak mudah, maka harus dipertahankan bersama jangan sampai kendor. 

BACA JUGA: Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tegal Anggaran Tahun 2022 telah Dipublikasikan

BACA JUGA: Mantan Sekda Pemalang Ungkap Penyebab Opini WDP Laporan Keuangan 2022

Meski laporan keuangan Brebes meraih opini WTP, Iwan menyebutkan ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan serta ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Brebes. Salah satunya tentang Pajak, BPJS Kesehatan dan Dana Desa. Tiga hal ini, dalam waktu 60 hari ke depan akan diselesaikan.

Wakil Ketua DPRD Brebes Wurja ikut gembira dan bersyukur bahwa Kabupaten Brebes bisa mempertahankan opini WTP hingga lima kali untuk laporan keuangan Brebes. Pihaknya akan terus mendorong Pemkab Brebes dalam mencapai prestasi tersebut.

Sehingga masyarakat Kabupaten Brebes dapat merasakan manfaat dari hasil-hasil pembangunan Kabupaten Brebes sehingga masyarakat semakin sejahtera. Raihan laporan keuangan Brebes yang WTP, kata dia, tidak mungkin didapat tanpa kritik dan evaluasi dari semua pihak.

Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada semua elemen yang terus disempurnakan.

BACA JUGA: Enam Kali Berturut-Turut Laporan Keuangan Pemkab Tegal Dinyatakan WTP

BACA JUGA: Pemkot Tegal Incar Predikat WTP dalam Laporan Keuangan

“Raihan predikat WTP ini tidak lain untuk meningkatkan pelayanan di Kabupaten Brebes,” jelasnya.

Sumber: