Mesin Tiba-tiba Ngadat, Begini Cara Mudah untuk Mengetahui Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Mesin Tiba-tiba Ngadat, Begini Cara Mudah untuk Mengetahui Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

MOGOK - Dengan mengetahui penyebab mobil tidak bisa distarter, Anda lebih mudah mengatasi permasalahan ini tanpa perlu ke bengkel dan bisa dilalukan di rumah.-(Foto: Istimewa)-

radartegal.id - Apa penyebab mobil tidak bisa distarter? Bagi kalian yang punya kendaraan dan muncul kendala menjadi suatu tantangan yang mengganggu, tak perlu panik. 

Salah satu masalah umum yang sering dihadapi adalah ketika mobil tidak bisa distarter saat hendak digunakan. Mobil tidak bisa distarter ada beberapa penyebab yang mungkin jarang orang tahu.

Namun, sebelum panik melanda, penting bagi para pemilik kendaraan untuk memahami bahwa ada langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk menganalisis akar masalahnya. Dikutip dari channel youtube Dokter Otomotif Selasa, 22 Mei 2024.

Artikel ini kita akan membahas bagaimana melakukan analisis awal terhadap kemungkinan kerusakan yang mungkin terjadi pada bagian aki dan dinamo starter. Dengan pemahaman yang baik, kita dapat mengatasi kendala ini dengan lebih mudah.

BACA JUGA: Inilah 4 Tips Cara Merawat Velg Mobil dengan Benar, Solusi Terpercaya Agar Mobil dalam Kondisi Prima

Cara mengetahui penyebab mobil tidak bisa distarter

Langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah mengaktifkan klakson. Jika klakson masih bersuara kencang, dugaan awal kita akan tertuju pada dinamo starter. 

Sebaliknya, jika klakson bersuara pelan atau bahkan tidak bisa diaktifkan, kemungkinan besar masalah terletak pada aki yang sudah melemah.

Langkah kedua adalah memeriksa keadaan lampu depan (headlamp). Jika lampu masih menyala dengan terang, ini menandakan bahwa aki masih dalam kondisi baik, dan dugaan kerusakan akan beralih pada dinamo starter. 

Namun, jika lampu redup atau mati, maka aki menjadi penyebab utama. Selain itu, kita juga dapat memeriksa komponen lain yang menggunakan listrik, seperti pengoperasian wiper. 

BACA JUGA: 5 Tips Merawat Mobil Matic Agar Tetap Kondisi Prima, Nomor 3 Sangat Penting Pengguna Wajib Tau

Jika wiper masih berputar dengan kencang, tetapi tidak bisa kembali ke posisi semula setelah dihentikan, kemungkinan besar kerusakan terletak pada dinamo starter.

Sumber: