Yakin Gak Akan Korsleting? Ikuti Tes Ketahanan Mobil Hybrid Saat Terjang Genangan Banjir, Ternyata...

Yakin Gak Akan Korsleting? Ikuti Tes Ketahanan Mobil Hybrid Saat Terjang Genangan Banjir, Ternyata...

OTOMOTIF - Tes ketahanan mobil hybrid dengan terjang banjir--

Tinggal di Indonesia yang masih menemukan masalah lingkungan seperti banjir, tentunya menjadi banyak pertanyaan bagi pecinta otomotif.

Apakah mobil hybrid dapat menerjang banjir atau tidak? Ini tes ketahanan mobil hybrid dengan terjang banjir menurut @kabarotocom.

BACA JUGA: Jamin Keselamatan Penumpangnya, Fitur Keselamatan Toyota Rush Hybrid 2023 Ini Dibekali Teknologi Canggih

Saat mobil hybrid menerjang banjir, sistem eletrikal mobil dirancang untuk memutus otomatis aliran listrik saat terkena air. Hal inilah yang membuat mobil hybrid tidak akan terjadi konsleting meski menerjang banjir.

Selain itu, mobil hybrid dilengkapi dengan sensor yang mendeteksi keberadaan air. Namun meski begitu, ada batas toleransi yang wajib pengendara ikuti.

Jika mobil hybrid terpaksa melewati genangan air dalam kondisi darurat, prinsipnya mesin tidak boleh terlalu lama teredam air. Hal tersebut karena resiko "water hammer" yang bisa merusak komponen mesin.

Jika mobil hybrid teredam banjir, langkah terbaik adalah tidak menggerakannya. Mobil harus digendong derek dan segera dibawa ke bengkel untuk proses pengeringan dan pengecekan meleruruh.

BACA JUGA: All New Toyota Fortuner Hybrid 2024 Kini Punya Peningkatan Performa Mesin yang Tangguh, Cek Spesifikasinya

 

Sehingga dapat diantisipasi jika terjadi kerusakan. Dengan ini dapat disimpulkan, bahwa mesin hybrid bisa menerjang banjir namun memiliki batas tertentu yang wajib pengendara patuhi.

Sehingga tes ketahanan mobil hybrid dengan terjang banjir bisa dinyatakan lulus namun dengan nilai cukup. Semoga bermanfaat.

Sumber: