Penyebab Aki Mobil Tekor Padahal Masih Baru? Berikut Penyebab yang Harus Segera Ditangani

Penyebab Aki Mobil Tekor Padahal Masih Baru? Berikut Penyebab yang Harus Segera Ditangani

Penyebab Aki Mobil Tekor Padahal Masih Baru? Berikut Penyebab yang Harus Segera Ditangani-otomotif-

RADAR TEGAL - Jika aki tekor, mobil tidak akan bisa dihidupkan. Ada berbagai penyebab aki mobil tekor, mulai dari faktor penggunaan yang tidak tepat hingga komponen mobil yang bermasalah.

Salah satu penyebab aki mobil tekor yang paling umum adalah penggunaan aksesoris mobil yang berlebihan saat mesin mobil mati. Hal ini dapat menyebabkan aki terkuras dayanya dengan cepat. 

Usia aki mobil juga merupakan salah satu faktor penyebab aki mobil  tekor. Seiring waktu, performa aki akan menurun dan tidak dapat menyimpan daya listrik dengan optimal. Aki mobil yang sudah tua umumnya lebih rentan tekor, terutama jika mobil tidak digunakan dalam waktu lama.

Selain faktor-faktor di atas, penyebab aki mobil tekor lainnya adalah adanya kerusakan pada komponen kelistrikan mobil, seperti alternator atau aki itu sendiri. Kerusakan pada komponen ini dapat menyebabkan aki tidak dapat mengisi atau menyimpan daya listrik dengan baik.

BACA JUGA: Bikin Repot dan Gabut, Berikut Merk Mobil yang Sering Overheat, Pelajari Penyebabnya di Sini

Penyebab aki mobil yang tekor dan solusinya

Aki mobil tekor dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

1. Usia Aki yang Sudah Tua

Seiring waktu, performa aki akan menurun dan eventually tidak dapat lagi menyimpan daya dengan baik. Hal ini biasanya terjadi pada aki yang sudah berusia lebih dari 3 tahun.

Solusi: Ganti aki dengan yang baru.

2. Mobil Jarang Digunakan

Jika mobil jarang digunakan, aki tidak akan mendapatkan pengisian daya yang cukup dari alternator. Hal ini dapat menyebabkan aki tekor, terutama pada musim dingin.

Solusi: Gunakan mobil secara rutin, minimal seminggu sekali. Jika mobil tidak akan digunakan dalam waktu lama, lepaskan terminal aki negatif.

3. Air Aki Habis

Sumber: