Nggak Dingin Lagi? Ini Dia Tips Agar AC Mobil Tetap Sejuk di Jalanan

Nggak Dingin Lagi? Ini Dia Tips Agar AC Mobil Tetap Sejuk di Jalanan

OTOMOTIF- Berikut ini tips agar AC mobil tetap sejuk.-(Ilustrasi Pinterest)--

4. Jangan mematikan AC dalam jangka waktu lama

Mematikan AC dalam jangka waktu lama ternyata nggak baik untuk kesehatannya. Komponen AC yang jarang digunakan bisa menjadi kaku dan berkarat, sehingga AC menjadi nggak dingin.

Sebaiknya, gunakan AC sesekali meskipun kamu nggak sedang berkendara. Tips agar AC mobil tetap sejuk ialah nyalakan AC selama 10-15 menit setiap minggu untuk menjaga kondisinya.

5. Gunakan AC dengan benar

Penggunaan AC yang nggak tepat juga bisa bikin AC nggak dingin. Hindari menyetel suhu AC terlalu rendah karena hal ini bisa membuat AC bekerja berlebihan dan boros energi. Cukup atur suhu AC di kisaran 22-24 derajat Celcius untuk mendapatkan kesejukan yang optimal.

6. Periksa kondisi kompresor AC

Kompresor AC merupakan komponen utama yang menghasilkan udara dingin. Jika kompresor AC bermasalah, AC nggak akan bisa dingin. Periksa kondisi kompresor AC secara berkala di bengkel resmi untuk memastikan kondisinya baik.

BACA JUGA: Spesifikasi Honda Civic RS 2024, Mobil Sedan dengan Tampilan dan Desain Sporty yang Memikat Hati

7. Jaga suhu optimal

Suhu di dalam kabin mobil yang terlalu panas juga bisa bikin AC nggak dingin. Parkirlah mobil di tempat yang teduh saat cuaca panas untuk menjaga suhu di dalam kabin tetap optimal.

8. Gunakan pengharum mobil yang sesuai

Pengharum mobil yang mengandung bahan kimia keras bisa merusak komponen AC. Pilihlah pengharum mobil yang terbuat dari bahan alami agar aman untuk AC dan nggak mengganggu kesehatamu.

9. Servis berkala

Membawa mobil ke bengkel untuk servis AC secara berkala sangat penting untuk menjaga performa AC agar tetap optimal. Servis AC biasanya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau 10.000 km.

10. Hindari merokok di dalam mobil

Sumber: