Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Pertolongan Pertama Hindari Kerusakan Fatal

Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Pertolongan Pertama Hindari Kerusakan Fatal

Jangan Panik! Begini Cara Ampuh Mengatasi HP Kemasukan Air, Pertolongan untuk Selamatkan HP Kemasukan Air--

RADAR TEGAL- Kecelakaan seperti HP terjatuh ke dalam air bukanlah suatu kesengajaan. Biasanya karena terdapat faktor seperti ketidakhati-hatian pengguna, cuaca buruk, atau keadaan lingkungan yang tidak terduga bisa membuat HP kemasukan air.

Namun apabila Anda sedang mengalaminya, tidak perlu panik karena ada cara mengatasi HP kemasukan air. HP terjatuh dalam air akan beresiko merusak komponen-komponen elektronik di dalamnya.

Ini bisa mengakibatkan kerusakan permanen jika tidak segera diatasi dengan cara yang benar. Untuk itu, bagi Anda pengguna HP wajib banget tau cara mengatasi HP kemasukan Air.

Mengetahui bagimana cara mengatasi HP kemasukan air dapat membuat Anda bisa menghindari kemungkinan kerusakan sehingga menghemat biaya perbaikan. Karena Jika HP Anda terkena air dan Anda tidak tahu bagaimana cara menanganinya, Anda mungkin harus membayar biaya perbaikan yang mahal.

Lantas bagaimana cara mengatasi HP kemasukan air dengan tepat? Jangan lupa untuk simak artikel ini sampai selesai ya

BACA JUGA: 5 HP Samsung Terbaik untuk Gaming, Mabar Mobile Legend Lancar Tanpa Ngelag

Cara mengatasi Hp yang kemasukan air

1. Matikan Hp dan Cabut Semua Perangkat

Hal pertama yang mesti Anda lakukan ketika Hp Anda kemasukan air adalah dengan mematikannya terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah terjadinya korsleting listrik yang dapat merusak komponen internal.

Selain itu, jika Hp sudah dimatikan alangkah lebih baiknya semua perangkat seperti charger, kabel data, dan kartu sim dicabut agar tidak rusak.

2. Keringkan Hp dengan Handuk atau Kain

Setelah dimatikan dan dicabut perangkat yang terpasang, Hp sudah bisa langsung dikeringkan menggunakan handuk atau kain yang bersih.

Tidak disarankan bagi Anda untuk mengeringkan Hp dengan alat pengering rambut atau hair dryer karena panas anginnya dapat merusak komponen internal Hp.

BACA JUGA: HP Sony Terbaru Canggih dan Inovatif, Siap Menggebrak Pasar Smartphone di Tahun 2024

Alih-alih menggunakan hair dryer, Anda dapat menggunakan silica gel atau beras kering untuk membantu menyerap air yang tersisa di dalam HP. Masukkan HP ke dalam wadah kedap udara yang berisi silica gel atau beras kering selama beberapa jam.

3. Gunakan Teknik Pengeringan yang Aman

Ada beberapa teknik pengeringan yang aman yang dapat Anda coba untuk menghilangkan kelembaban dari HP Anda. Salah satunya adalah menggunakan beras. Letakkan HP Anda di dalam wadah yang diisi dengan beras dan biarkan selama beberapa hari. Beras akan menyerap kelembaban dengan aman tanpa merusak perangkat Anda.

4.  Jangan Goyangkan Hp untuk Mengeluarkan Air

Apabila Anda mencoba mengeluarkan air yang masuk ke dalam Hp dengan cara menggoyangkannya, maka cara ini sangat salah. Hal ini karena air dapat menyebar dengan mudah ke bagian lain dan merusak komponen internal.

5. Bersihkan Lubang Hp Menggunakan Cotton Bud

Manfaatkan cotton bud kering untuk menyerap dan mengeluarkan air dari lubang-lubang pada Hp seperti speaker, microphone, dan port pengisian daya.

BACA JUGA: Tips Agar Hp Android Tidak Kena Hack, Ternyata Begini Cara Gampangnya

6. Jangan Langsung Dihidupkan

Apabila sudah dibersihkan hingga ke bagian terdalam sekalipun, Hp kemasukan air tidak boleh langsung dihidupkan.

8. Bawa Hp ke Service Center 

Apabila sudah mengikuti langkah-langkah di atas, ada baiknya Anda membawa Hp kemasukan air milik Anda ke service center untuk diperiksa lebih lanjut.

Umumnya teknisi di service center memiliki alat dan keahlian yang lebih cakap untuk membersihkan dan memeriksa kerusakan pada bagian dalam Hp yang kemasukan air.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi Hp yang kemasukan air. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: