1.257 Jemaah Calon Haji Kabupaten Tegal Dilepas Sekda Amir, Haji Tertua Berusia 91 Tahun

1.257 Jemaah Calon Haji Kabupaten Tegal Dilepas Sekda Amir, Haji Tertua Berusia 91 Tahun

LEPAS JEMAAH- Sebanyak 1.257 jemaah calon haji Kabupaten Tegal dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal Amir Makhmud. Sekda secara simbolis melepas keberangkatan jemaah dari Pendopo Amangkurat, Senin, 6 Mei 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL– Sebanyak 1.257 jemaah calon haji Kabupaten Tegal dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal Amir Makhmud. Sekda secara simbolis melepas keberangkatan jemaah dari Pendopo Amangkurat, Senin, 6 Mei 2024. 

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal Kasori menjelaskan jumlah jemaah calon haji Kabupaten Tegal tahun ini mencapai 1.257 orang yang terdiri dari 575 laki-laki dan 682 perempuan.

Mereka terbagi ke dalam lima kloter, yaitu kloter 27 sebanyak 131 orang, gabungan dengan jemaah asal Kabupaten Brebes, kemudian kloter 28, 29, dan 30, masing-masing berjumlah 355 orang jemaah, dan kloter 31 sebanyak 61 orang jemaah, gabungan dengan Kabupaten Pemalang.

Berdasarkan klasifikasi umur, jumlah jemaah calon haji Kabupaten Tegal usia 19-30 tahun sebanyak 29 orang, usia 31-40 sebanyak 61 orang, usia 41-50 sebanyak 239 orang, usia 51-60 sebanyak 454 orang, usia 61-70 sebanyak 363 orang, usia 71-80 sebanyak 71 jemaah, dan usia 81-91 sebanyakj 41 orang.

BACA JUGA: Sekda Jateng Minta Petugas Haji Berikan Pelayanan Terbaik kepada Jemaah

“Tagline musim haji kali ini yaitu Haji Ramah Lansia. Ini karena jemaah calon haji berusia 51 hingga 91 tahun mendominasi hingga 73 persen,” terangnya.

Diketahui, jemaah calon haji Kabupaten Tegal tertua tahun ini kelahiran 1 Juli tahun 1932 atau usia 91 tahun atas nama Abidin, warga Desa Cawitali, Kecamatan Bojong. Sedangkan jemaah calon haji termuda kelahiran 30 April 2005 atau usia 19 tahun atas nama Aprilia Wulandari asal Desa Karangmulya, Kecamatan Bojong. 

Sementara itu, guna mendukung kelancaran ibadah haji ke tanah suci Mekkah ini, Pemkab Tegal telah menyiapkan 32 armada bus serta dua kendaraan kontainer untuk mengangkut perlengkapan para jemaah.

Diungkapkan Amir, alokasi APBD Kabupaten Tegal untuk kegiatan operasioal penyelenggaraan haji tahun ini mencapai Rp3,3 miliar.

BACA JUGA: 258 Petugas Haji Daerah Jateng Diminta Beri Pelayanan Terbaik, Pj Gubernur: Mental Harus Kuat

“Selain armada bus dan angkutan barang, kami juga sudah menyiapkan konsumsi bagi jemaah calon haji saat perjalanan menuju embarkasi di Kota Solo. Semoga apa yang diberikan pemerintah daerah ini dapat melancarkan perjalanan ibadah haji bapak dan ibu sekalian,” kata Amir.

Dirinya pun menitip pesan kepada jemaah calon haji Kabupaten Tegal agar senantiasa mendengarkan dengan baik semua informasi, petunjuk dan arahan dari ketua regu maupun petugas pelayanan haji. Amir pun minta petugas haji yang mendampingi bisa memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah, khususnya lansia.

“Terus jalin koordinasi dengan semua pihak agar kegiatan pelayanan yang diberikan dapat berjalan dengan baik dan optimal,” lanjutnya.

Selain itu, jemaah calon haji Kabupaten Tegal juga diminta senantiasa mendoakan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tegal di tempat-tempat yang makbul seperti multazam, makam Ibrahim, Hijir Ismail, raudhah, dan Masjid Nabawi agar pembangunan di Kabupaten Tegal berjalan lancar dan mampu memberikan manfaat, mendatangkan keberkahan dan gawe bungah masyarakat Kabupaten Tegal.

Sumber: