5 Alternatif Pendingin Ruangan Selain AC Dinding yang Lebih Murah dan Hemat Listrik

5 Alternatif Pendingin Ruangan Selain AC Dinding yang Lebih Murah dan Hemat Listrik

5 Alternatif Pendingin Ruangan Selain AC Dinding yang Lebih Murah dan Hemat Listrik--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Panas dari dampak cuaca Indonesia yang sedang tidak karuan ini, membuat sebagian orang berpikir untuk menginstal AC. Padahal ada alternatif pendingin ruangan lain yang memiliki harga lebih terjangkau.

Kebanyakan orang mungkin berfikir menginstal AC dirumah akan mengatasi hawa panas di rumah baik di saat pagi maupun malam hari. Padahal pendingin ruangan jenis AC memakan cukup banyak biaya listrik, menjadikan pemakaiannya harus sesuai.

Terlebih harga AC di Indonesia belum bisa dikatakan murah, sehingga harus Anda pertimbangkann apabila ingin memasangnya. Namun sebagai alternatif, Anda bisa memasang 5 jenis pendingin ruangan yang ada dipasaran.

Berikut 5 jensi pendingin ruangan yang bisa Anda beli dan pasang di rumah sebagai pengganti AC.

BACA JUGA: Lebih Murah Dari AC Rumahan, Ini Spesifikasi Pendingin Ruangan GCA-CIRCOOL25 yang Harganya Rp1 Jutaan

1. Kipas Angin Dinding

Alternatif pendingin udara selain AC pertama adalah kipas angin dinding. Dibandingkan dengan AC, kipas angin dinding memiliki beberapa keunggulan antara lain hemat energi.

Kipas angin dinding menggunakan daya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan AC. Dengan begitu, tagihan listrik setiap bulan akan lebih hemat.

Lebih dari itu, kipas angin dinding juga sangat mudah dipasang atau diinstal sehingga dapat langsung digunakan. Kipas angin dinding juga mampu menyebarkan udara lebih segar secara merata ke seluruh ruangan.

2. Kipas Angin Berdiri

Alternatif pendingin udara selain AC selanjutnya adalah adalah kipas angin berdiri yang lebih baik dan mudah dipindahkan ke berbagai ruangan. Dengan memanfaatkan udara di sekitar, kipas angin berdiri dapat menghembuskan angin yang menyegarkan ke berbagai sudut ruangan.

BACA JUGA: Penyebab AC Midea Tidak Dingin dan Cara Ampuh Mengatasinnya, Wajib Tahu Agar Pendinginan Maksimal

Selain itu, kipas angin berdiri juga mampu menghembuskan angin ke segala ruangan secara efektif karena ada fitur rotasi 180 derajat. Nantinya angin yang dihembuskan kipas akan merata ke penjuru ruangan.

Lebih dari itu, kipas angin berdiri juga memiliki harga yang lebih ramah kantong dibandingkan dengan AC. Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya lebih untuk mendapatkan pendingin udara di rumah.

Sumber: