Gelar Karya P5, Siswa Sulap Kertas Koran Hingga Karung Goni Jadi Gaun dan Aksesoris

Gelar Karya P5, Siswa Sulap Kertas Koran Hingga Karung Goni Jadi Gaun dan Aksesoris

KARYA P5 – Siswa SMKN 2 Kota Tegal menampilkan hasil karya dalam Gelar Karya P5 yang diadakan di sekolah, Senin, 29 April 2024.-K. Anam Syahmadani-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Tegal menyelenggarakan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Halaman Kampus SMKN 2 Kota Tegal, Senin, 29 April 2024. Dalam Gelar Karya P5 ini, siswa Kelas X dan Kelas XI menunjukkan kreativitas masing-masing. Seperti apa kreativitas yang ditunjukkan siswa?

Puluhan stan berjejer di Halaman Kampus SMKN 2 Kota Tegal yang biasanya digunakan untuk tempat upacara. Stan yang didirikan siswa Kelas X tersebut menjajakan makanan dan minuman khas Kota Tegal seperti glotak, tahu aci, siomay, bakso, kupat bongkok, ponggol, dan berbagai jajanan pasar. Minumannya seperti es dawet, es teh, es buah, dan es doger.

Siswa menjajakan makanan dan minuman khas Kota Tegal di sekolah bukan tanpa alasan. Mereka melakukan itu untuk memenuhi tugas menampilkan hasil karya  dalam Gelar Karya P5 yang dipusatkan di Halaman Kampus SMKN 2 Kota Tegal. Makanan dan minuman yang dijajakan dibuat sendiri oleh siswa dan dibeli warga sekolah.

Sementara Kelas XI menampilkan hasil karya berupa gaun dan aksesoris yang dibuat dari limbah. Siswa membuat gaun dan aksesoris dari kertas koran, plastik, botol air mineral, kardus, perca, hingga karung goni. Hasilnya diperagakan langsung perwakilan setiap kelas dalam sebuah peragaan busana yang ditonton warga sekolah.

BACA JUGA: Peringati Hari Kartini, DPPKBP2PA Kota Tegal Ziarah ke Makam RA Kardinah

Kepada Radar Tegal, Kepala SMKN 2 Kota Tegal Mas Rudianto SPd melalui Wakil Kepala Bidang Kurikukulum Rusyati SPd di sela-sela acara Gelar Karya P5 mengatakan, untuk Kelas X, SMKN 2 Kota Tegal mengangkat tema Kearifan Lokal di Gelar Karya P5 ini. Sedangkan Kelas XI mengangkat tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan sub tema Cerdik Mengelola Limbah. 

Gelar Karya P5 merupakan rangkaian tahapan pengenalan, aksi, dan tindak lanjut berupa hasil karya projek yang dilakukan siswa. Gelar Karya P5 memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan bakat dan kemampuan siswa dalam berbagai bidang, tidak hanya dalam bentuk produk, tetapi juga dapat berupa unjuk potensi sesuai bakat dan minat siswa masing-masing.

Rusyati lebih lanjut mengemukakan, Gelar Karya P5 tersebut diselenggarakan SMKN 2 Kota Tegal untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMKN 2 Kota Tegal menunjukan kreativitas dan inovasi. Selain itu, kegiatan yang berlangsung dari pagi sampai siang hari ini juga bertujuan agar siswa bisa bertanggung jawab atas projek yang dibuat.

“Gelar Karya P5 yang diadakan SMKN 2 Kota Tegal ini merupakan wadah bagi siswa untuk bisa menunjukkan potensi yang mereka miliki. Kami ingin seluruh siswa dapat mengembangkan keterampilan, berkomunikasi, berkolaborasi, serta memiliki rasa percaya diri dan semangat juang untuk meraih cita-cita mereka,” ungkap Rusyati. 

BACA JUGA: Ajib Ah! SD di Brebes Gelar Karya P5 sebagai Wujud Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

Rusyati menambahkan, Gelar Karya P5 tersebut juga bertujuan untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila. Melalui kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan nilai-nilai Pancasila, seperti beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

“Kami ingin siswa memiliki karakter yang baik dan siap menghadapi tantangan di masa depan,” imbuh Rusyati. (*) 

Sumber: