Peringati Hari Kartini, DPPKBP2PA Kota Tegal Ziarah ke Makam RA Kardinah

 Peringati Hari Kartini, DPPKBP2PA Kota Tegal Ziarah ke Makam RA Kardinah

ZIARAH — DPPKBP2PA Kota Tegal mengadakan ziarah ke Makam RA Kardinah, Senin, 29 April 2024. -K. Anam Syahmadani-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Memperingati Hari Kartini ke-145 Tahun 2024, Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal menggelar ziarah ke makam RA Kardinah, adik Kartini.

Kegiatan ziarah ke makam RA Kardinah itu merupakan bagian dari serangkaian kegiatan bertema Inspirasi Kartini, Perempuan Kokoh dan Tangguh sebagai Pelopor Kebaikan, Senin, 29 April 2024

Ziarah makam RA Kardinah dilakukan di Komplek Pemakaman Tegal Arum di Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Ziarah  dipimpin Sekretaris DPPKBP2PA Kota Tegal Trysnawati bersama Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Anak DPPKBP2PA Kota Tegal Achsin.

Kegiatan ziarah ke makam RA Kardinah dihadiri Ketua Dharma Wanita Kota Tegal Tri Utami Agus Dwi Sulistyantono dan jajaran, Pengurus TP PKK Kota Tegal, dan Pengurus Gerakan Organisasi Wanita Kota Tegal.  Setelah berziarah ke makam adik RA Kartini itu, kegiatan dilanjutkan talkshow yang diadakan di Pendapa Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, dengan menghadirkan narasumber Ratna Edy Suripno. 

BACA JUGA: Astra Motor Jateng Gelar Seminar Kartini Muda Bangga Menjadi Generasi Cari Aman

Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal Rofiqoh melalui Sekretaris DPPKBP2PA Kota Tegal Trysnawati mengatakan, Peringatan Hari Kartini ke-145 Tahun 2024 memiliki makna terkait emansipasi dan hak-hak perempuan. Kegiatan ini sebagai peneguh dan momentum Hari Kartini dijadikan tonggak bagaimana impian RA Kartini untuk menjadikan perempuan mampu menentukan nasibnya sendiri. 

Selain itu, Peringatan Hari Kartini juga bermakna besar bagi seluruh perempuan di Kota Tegal untuk menjaga kehormatan dan martabatnya. 

“Meskipun sudah diberi kebebasan dalam memilih mimpi dan keiginan, perempuan juga harus tetap berperilaku dan berbahasa dengan menjunjung tinggi wibawa dan etika,” kata Trysnawati.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Tegal Dadang Somantri dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono pada kegiatan talkshow menyampaikan, perempuan adalah salah satu pilar utama dalam membangun fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan.

BACA JUGA: Memperingati Hari Kartini, Emak-emak Anggota Arisan di Tegal Gunakan Kebaya dan Gelar Fashion Show

RA Kartini menginspirasi para perempuan di Indonesia bagaimana pentingnya menjadi perempuan yang mandiri dan berani mewujudkan mimpi bagi kebaikan bersama. 

“Untuk itu, kepeloporan RA Kartini wajib kita teladani. Hal tersebut sesuai dengan tema Peringatan Hari Kartini ke-145 kali ini yaitu Inspirasi Kartini, Perempuan Kokoh dan Tangguh Sebagai Pelopor Kebaikan,” ungkap Sekda.

Melalui semangat dan teladan RA Kartini, hendaknya memotivasi para perempuan lebih baik lagi. Berbagai tantangan yang dihadapi RA Kartini untuk keluar dari belenggu patriarki dan melawan ketidakadilan sosial membawa perempuan hebat masa kini memiliki kesempatan luas untuk berperan dalam perkembangan kemajuan negara di berbagai sektor. 

Sumber: