Tutup MTQ Jawa Tengah, Pj Gubernur Targetkan Raih 5 Besar Nasional: Tahun Ini di Kalimantan Timur

Tutup MTQ Jawa Tengah, Pj Gubernur Targetkan Raih 5 Besar Nasional: Tahun Ini di Kalimantan Timur

MTQ JATENG- Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana menutup MTQ Jawa Tengah ke-30 tingkat Provinsi di Alun-alun Kabupaten Pati, Minggu, 28 April 2024 malam.-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Bakal digelar di Kalimantan Timur, Penjabat (Pj) Gubernur Jateng Nana Sudjana menargetkan Jawa Tengah raih 5 besar di tingkat nasional dalam gelaran MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran). Tahun sebelumnya, Provinsi Jawa Tengah menempati peringkat ke-10 dari 38 provinsi.

Menurut Nana, perhelatan MTQ Jawa Tengah menjadi ajang untuk persiapan MTQ tingkat nasional pada September 2024 mendatang. 

"Tahun ini MTQ tingkat nasional akan dilaksanakan di Kalimantan Timur. Kami memasang target peningkatan peringkat dengan masuk lima besar," ungkap Nana menutup Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Jawa Tengah ke-30 di Alun-alun Kabupaten Pati, Minggu, 28 April 2024 malam.

Pasca pelaksanaan MTQ Jawa Tengah ini, ke depan akan dibentuk tim khusus untuk persiapan menuju MTQ Nasional. Para pemenang tingkat provinsi akan diseleksi kembali sesuai dengan jumlah kategori yang dilombakan pada tingkat nasional.

BACA JUGA: Lomba MTQ Tingkat Kota Tegal 2024 Resmi Digelar

"Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Kemenangan ini merupakan awal untuk meningkatkan prestasi. Masih banyak jenjang yang akan dihadapi. Tetaplah rendah hati dan terus berlatih untuk mengasah kemampuan agar bisa tampil maksimal dan mengharumkan nama Jawa Tengah," kata Nana.

Nana Sudjana menyerahkan langsung piala dan hadiah kepada para pemenang MTQ Jawa Tengah ke-30 dari berbagai kategori lomba. 

Dalam gelaran ini, Kota Semarang keluar sebagai juara umum. Berikut daerah yang masuk sepuluh besar MTQ Jawa Tengah ke-30: Kota Semarang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Rembang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Magelang.

Kompetisi ini terdiri dari delapan cabang dengan 24 kategori, baik putra maupun putri. Pesertanya sebanyak 830 orang berasal dari 35 kabupaten/kota di Jateng. 

BACA JUGA: Juara MTQ Bakal Diusulkan Jadi PNS, Kemenag: Serupa Olimpiade di Dunia Olahraga

"Pelaksanaan MTQ ke-30 Provinsi Jawa Tengah berjalan baik, sukses, dan alhamdulillah hasilnya cukup baik. Kami ucapkan terima kasih kepada panitia LPTQ Provinsi, Kanwil Kemenag Jateng, dan Pemkab Pati," kata Nana Sudjana usai acara.

Sebagai informasi, perhelatan yang yang berlangsung di Kabupaten Pati pada 25-28 April 2024 ini mengusung tema “Semangat MTQ Bangun Jiwa Muda Qur’ani Untuk Jawa Tengah Lebih Religius".

Sumber: