Lomba MTQ Tingkat Kota Tegal 2024 Resmi Digelar

Lomba MTQ Tingkat Kota Tegal 2024 Resmi Digelar

Walikota Dedy Yon saat membuka lomba MTQ tingkat Kota Tegal 2024--

RADAR TEGAL - Penyelenggaraan lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Umum Tingkat Kota Tegal 2024 resmi digelar. Itu, menyusul setelah dibuka Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono di Halaman Masjid Al Tsumery Kota Tegal, Jumat 1 Maret 2024 siang.

Penyelenggaraan MTQ Umum tingkat Kota Tegal 2024 akan mempertandingkan beberapa cabang. Antara lain Tilawah, tahfidz, tartil dan kaligrafi kontemporer.

Dalam sambutannya saat pembukaan MTQ Umum tingkat Kota Tegal, Dedy Yon menyampaikan salah satu program pembangunan bidang agama yakni peningkatan pemahaman. Serta pengembangan nilai keagamaan di masyarakat melalui MTQ.

"Dengan adanya MTQ Umum Tingkat Kota Tegal ini kita tidak hanya semakin mahir membaca ayat-ayat Allah dan mengerti artinya. Tetapi lebih penting lagi kita harus memahami maknanya dan bisa mengamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar Dedy Yon.

BACA JUGA: Juara MTQ Bakal Diusulkan Jadi PNS, Kemenag: Serupa Olimpiade di Dunia Olahraga

Dedy Yon berharap kegiatan MTQ ini dapat menjadi agenda yang rutin dilaksanakan. Sehingga, dapat melahirkan prestasi hingga tingkat yang lebih tinggi.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Tegal, Firman Hadi dalam laporannya menyampaikan lomba MTQ dilaksanakan sejak hari Kamis 29 Februaru 2024. Akan dilanjutkan pada hari Senin (4/3/2024) bertempat di Lingkungan Balai, Masjid Agung dan Gedung Bani Shaleh yang diikuti oleh 214 peserta.

"Ada sembilan jenis lomba yang akan dilaksanakan dalam MTQ Tingkat Kota Tegal 2024. Jumlah peserta sebanyak 214 orang," katanya.

Menurut Firman Hadi, jenis lomba itu terdiri dari cabang tilawah anak-anak kategori putra dan putri, cabang tilawah remaja kategori putra dan putri. Kemudian, cabang tahfidz 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz kategori putra dan putri.

BACA JUGA: Anak Berprestasi Juara Nasional FASI dan MTQ Jateng Diganjar Rp10 Juta serta Rp2 Juta oleh Wali Kota Tegal

"Selanjutnya cabang tartil kategori putra dan putri serta cabang kaligrafi kontemporer," terangnya.

Sementara itu, pembukaan MTQ Umum tingkat Kota Tegal 2024, turut hadir Sekda Agus Dwi Sulistyantono, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda, Mohamad Afin, Kepala Kantor Kemenenag, Ahmad Muhdzir. Serta epala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal serta Camat Margadana. (*)

Sumber: