5 Kebiasaan Mengemudi yang Bisa Bikin Transmisi Mobil Manual Menjadi Lebih Awet

5 Kebiasaan Mengemudi yang Bisa Bikin Transmisi Mobil Manual Menjadi Lebih Awet

5 Kebiasaan Mengemudi yang Bisa Bikin Transmisi Mobil Manual Menjadi Lebih Awet--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Kebiasaan untuk memperpanjang usia transmisi mobil manual Anda adalah dengan melepas pedal gas sejenak ketika pindah gigi. Kebiasaan ini akan membantu untuk mengurangi perputaran mesin.

Dengan begitu perpindahan gigi menjadi lebih halus dan meminimalisir keausan pada gigi transmisi. Lebih dari itu, melepas pedal gas sebentar saat pindah gigi juga akan memberikan akselerasi yang lebih optimal khususnya saat melaju dalam kecepatan tinggi.

4. Sesuaian Kecepatan Berkendara dengan Persneling

Kebiasaan selanjutnya yang dapat membuat transmisi mobil manual menjadi lebih awet adalah dengan menyesuaikan kecepatan berkendara dengan persneling.

BACA JUGA: 3 Tren Modifikasi Mobil yang Harus Dihindari, Jangan Ngasal Atau Terlihat Norak

Jangan memaksakan mobil untuk menanjak di gigi tinggi atau sebaliknya. Hal ini dapat menyebabkan transmisi mobil manual bekerja lebih keras dan menjadi lebih cepat rusak.

5. Jangan Biasakan Tangan Kiri di Tuas Transmisi

Banyak pengendara mobil manual yang masih sering menaruh tangan kirinya di atas tuas transmisi. Padalah kebiasaan ini bisa menimbulkan kerusakan fatal pada selector fork.

Hal ini dikarenakan beban dari tangan yang bersandar di atas tuas transmisi sehingga menyebabkan selector forks saling bergesekan dan menjadi lebih cepat aus.

Selector fork sendiri merupakan komponen yang berfungsi untuk menghubungkan tuas transmisi pada roda gigi. 

BACA JUGA: Mesin Mobil Sulit Menyala saat Pagi Hari? Jangan Panik! Ini 5 Jurus Jitu Agar Mesin Langsung Cespleng

Akhir kata

Nah jadi itulah 5 kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk memperpanjang usia transmisi mobil manual Anda menjadi lebih awet dan tahan lama. Demikian informasi pada artikel ini semoga dapat bermanfaat bagi Anda.(*)

Sumber: