Gandeng Tenaga Medis Puskesmas, Napi di Lapas IIB Slawi Kabupaten Tegal Dicek Kesehatannya

Gandeng Tenaga Medis Puskesmas, Napi di Lapas IIB Slawi Kabupaten Tegal Dicek Kesehatannya

PERIKSA KESEHATAN - Seorang petugas sedang memeriksa kesehatan Napi Lapas IIB Slawi, Kabupaten Tegal, Jumat, 19 November 2024.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Menggandeng tenaga medis puskesmas, para narapidana (Napi) di Lapas IIB Slawi, Kabupaten Tegal dicek kesehatannya, Jumat, 19 April 2024. Namun, para napi atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) ini tidak hanya dicek kondisi tubuhnya.

Mereka juga mendapatkan penyuluhan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal. Napi di Lapas IIB Slawi itu diperiksa tenaga medis dari Puskesmas Kambangan Kecamatan Lebaksiu.

Hal ini seperti diungkap Kepala Lapas IIB Slawi Kabupaten Tegal Karyono Bc. IP.,SH. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengecek kondisi kesehatan para napi di Lapas IIB Slawi. 

"Ketika mereka sakit, akan langsung mendapat penanganan khusus dari tenaga medis," kata Karyono, di sela-sela kegiatan.

BACA JUGA: Merasa Ditipu, Eks Napiter asal Kabupaten Tegal Lapor Polisi, Polres Keluarkan Status DPO

Selama pengecekan kesehatan napi di Lapas IIB Slawi, tidak ditemukan penyakit membahayakan yang dialami oleh para WBP. Mereka cenderung sehat karena setiap hari kerap olahraga di lingkungan Lapas.

Dia menambahkan, bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan napi di Lapas IIB Slawi ini mendasari surat dari Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Nomor Surat W.13.PK.06.01-156 perihal Kegiatan Pemasyarakatan Sehat, yang merupakan tindak lanjut dari surat Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi nomor PAS.6PK.06.01-487 tanggal 1 April 2024 Perihal Kegiatan Pemasyarakatan Sehat dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan Ke - 60 Tahun 2024.

"Kegiatan ini berjalan lancar dan kondusif," imbuhnya. (*)

Sumber: