7 Deretan Tempat Ziarah di Tegal yang Dapat Dikunjungi, Salah Satunya Makam Panggeran Hanggawana

7 Deretan Tempat Ziarah di Tegal yang Dapat Dikunjungi, Salah Satunya Makam Panggeran Hanggawana

7 Deretan Tempat Ziarah di Tegal yang Dapat Pencari Berkah Kunjungi, Salah Satunya Makam Panggeran Hanggawana --

RADAR TEGAL- Tegal, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tidak hanya dikenal dengan pesonanya yang alami dan kehidupan kulturalnya yang kaya, tetapi juga memiliki tempat ziarah di Tegal yang dapat Anda kunjungi.

Tempat ziarah di Tegal sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari kedamaian spiritual dan pengalaman rohani yang mendalam, Tegal menawarkan sejumlah tempat ziarah yang menakjubkan yang memancarkan keindahan arsitektur, keheningan, dan nilai-nilai religius yang mendalam.

Bagaimanapun banyak orang yang percaya bahwa berkunjung ke tempat ziarah di Tegal  dapat membawa berkah dan membantu menciptakan harmoni dalam kehidupan. Baik itu dalam bentuk berkah materi, kesehatan, atau kebahagiaan spiritual.

Berikut beberapa pilihan banyak tempat ziarah di Tegal yang dihormati dan populer di Tegal.

BACA JUGA: H+2 Lebaran, Obyek Wisata Pantai di Tegal Dipadati Pengunjung

Tempat ziarah di Tegal

1. Makam Ki Gede Sebayu

Tempat ziarah di Tegal terpopuler 2024 yang pertama adalah komplek makam Ki Gede Sebayu di Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Sekitar 100 meter ke utara dari lokasi bendungan dan Jembatan Gantung Danawarih

Makamnya dibuat dengan model atap joglo dan dikelilingi tembok kaca dengan ditutupi dengan tirai putih. Makam Ki Gede Sebayu selalu ramai didatangi peziarah ketika menjelang hari jadi Kabupaten dan Kota Tegal seperti bupati dan wakil bupati, walikota dan wakilnya, kepala dinas, SKPD, sesepuh, dan warga Tegal.

2. Makam Pangeran Purbaya  

Tempat ziarah kedua di Tegal yaitu komplek pemakaman Pangeran Purbaya. Namun tempat ini dibagi menjadi beberapa area.

Area terluar merupakan pemakaman umum warga sekitar dan area dalam merupakan pemakaman sanak famili atau keturunan Pangeran Purbaya atau Ki Gede Sebayu. Bangunannya tidak terlalu tinggi sehingga jika kita masuk harus menundukkan kepala. Kiprah Purbaya atau dalam sejarah disebut juga dengan Tumenggung Tegal ini sangat penting dalam Mataram.

BACA JUGA: 8 Pilihan Kuliner Khas Tegal 2024 yang Patut Dicoba, Dijamin Lezat dan Bikin Nagih

3. Makam Pangeran Hanggawana

Raden Mas Hanggawana menggantikan tugas dari bapaknya, Ki Gede Sebayu yang telah wafat. Kepemimpinan Raden Mas Hanggawana mulai tahun 1620 hingga tahun 1625. Makam pangeran Hanggawana sendiri terletak di Desa Kalisoka, Dukuhwaru, Kabupaten Tegal.  

Posisi makam Pangeran Hanggawana tepat di belakang Masjid Kasepuhan Ki Ageng Anggawana. Makam beliau dikelilingi dengan pagar batu bata setinggi kira-kira 120 cm dan dalam keadaan tertutup oleh bangunan beratapkan genting.

Sumber: