5 Cara Merawat Air Radiator Motor Vario Paling Gampang dan Simpel, Mesin Tetap Stabil Tidak Overheat

5 Cara Merawat Air Radiator Motor Vario Paling Gampang dan Simpel, Mesin Tetap Stabil Tidak Overheat

5 Cara Merawat Air Radiator Motor Vario Paling Gampang dan Simpel, Mesin Tetap Stabil Tidak Overheat--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Perawatan air radiator motor Vario yang paling sederhana adalah dengan menjaga kebersihan pada area radiator. Hal ini agar aliran udara radiator tetap bersih sehingga bisa mendinginkan mesin secara optimal.

Untuk membersihkan area air radiator motor vario, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara seperti:

  • Semprotkan air bertekanan tinggi ke area radiator.
  • Gunakan sikat gigi yang lembut untuk membersihkan kotoran yang membandel.
  • Bilas radiator dengan air bersih.

4. Kuras Berkala Cairan Pendingin

Selain menjaga kebersihan area radiator, Anda juga bisa melakukan pengurasan cairan pendingin secara berkala sesuai petunjuk buku panduan. Seiring pemakaian, cairan pendingin bisa menurun kualitasnya dan menjadi kurang efektif.

Maka dari itu, pengurasan air radiator pada bengkel resmi akan membantu merawat sistem air radiator motor Vario Anda menjadi lebih baik. Pastikan untuk memilih bengkel yang resmi dari Honda dan sudah berpengalaman.

BACA JUGA: Tampilan Warna Premium Honda Vario 160 2024, Pilihan Skutik Andalan di Tanah Air

5. Gunakan Cairan Pendingin Khusus

Cara terakhir untuk merawat air radiator motor Vario adalah dengan menggunakan air radiator khusus. Terkadang banyak pengguna skutik Honda ini yang asal mengisi air radiator.

Padahal disarankan untuk menggunakan air radiator sesuai dengan rekomendasi pabrik. Cobalah untuk memilih cairan pendingin yang mengandung anti-freeze yang mencegah karat dan titik didih yang lebih tinggi dari air biasa, sehingga mesin terlindungi dari panas berlebih.

Akhir kata

Nah jadi itulah, 5 cara perawatan air radiator motor Vario yang bisa Anda terapkan untuk menjaga mesin tetap stabil dan tidak overheat. Ingatlah untuk selalu menggunakan cairan pendingin khusus yang direkomendasikan oleh pabrikan dan lakukan pengurasan air radiator secara berkala sesuai petunjuk buku panduan. 

Demikian semoga bermanfaat.(*)

Sumber: