5 Cara Merawat Air Radiator Motor Vario Paling Gampang dan Simpel, Mesin Tetap Stabil Tidak Overheat

5 Cara Merawat Air Radiator Motor Vario Paling Gampang dan Simpel, Mesin Tetap Stabil Tidak Overheat

5 Cara Merawat Air Radiator Motor Vario Paling Gampang dan Simpel, Mesin Tetap Stabil Tidak Overheat--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Perawatan pada air radiator motor Vario tentu sangat penting untuk dilakukan. Hal ini berguna untuk menjaga air radiator bekerja sebagaimana mestinya untuk menjaga mesin tidak overheat.

Selain menjaga mesin agar tidak overheat (kepanasan) merawat air radiator motor Vario juga aka menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah kerusakan. Dengan begitu Anda bisa menggunakan Honda Vario dengan aman dan nyaman tanpa kendala.

Perawatan pada air radiator motor Vario sendiri dapat dilakukan melalui berbagai cara. Sebut saja coolant pada motor yang mesti diperiksa dan diganti apabila sudah jatuh tempo penggantian sesuai jadwal pemeliharaan.

Selain mengganti collant secara berkala, ada 5 perawatan lainnya yang bisa Anda lakukan pada air radiator motor Vario Anda. Berikut penjelasan lengkap bisa Anda simak melalui segmen di bawah ini.

BACA JUGA: Spesifikasi Honda Vario 125 2024 Paling Baru, Pilihan Anak Muda untuk Mudik Lebaran

5 Cara merawat air radiator motor Honda Vario

1. Periksa Selang dan Klem Pendingin

Aspek penting dalam perawatan air radiator pada semua motor adalah dengan memeriksa selang dan klem pendingin secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan yang dapat mengganggu kinerja sistem pendingin mesin.

Cobalah Anda periksa kondisi selang pendingin apakah mengalami retak atau kebocoran akibat suhu panas dari mesin. Apabila ada kerusakan, Anda bisa menggantnya dengan selang yang baru.

2. Pastikan Kipas Pendingin Berfungsi dengan Baik

Selain memeriksa selang dan klem pendingin, Anda juga bisa memeriksa kipas pendingin, jaga-jaga kerana bisa mati sewaktu-waktu. Pastikan tidak ada kerusakan pada kabel, seperti terkelupas atau putus. 

Adapun untuk mengetahui kipas air radiator motor Vario rusak bisa dari mendengar suaranya. Umumnya suara kipas yang rusak akan sangat bising dan berdengung, yang kemungkinkan disebabkan oleh masalah pada bearing kipas.

BACA JUGA: Usung Teknologi dan Fitur Terbaru, Honda Vario 125 Street Muncul Tiba-tiba Siap Lawan Suzuki Burgman

3. Menjaga Kebersihan Area Radiator

Sumber: