Sejarah Terciptanya Nasi Lengko yang Lezat, Kuliner Legendaris Tegal yang Belum Banyak Diketahui

Sejarah Terciptanya Nasi Lengko yang Lezat, Kuliner Legendaris Tegal yang Belum Banyak Diketahui

--

Ada juga yang berpendapat bahwa lengko berasal dari cara makannya yang diaduk itulah, maka teksturnya pun jadi kental, atau lekoh dalam bahasa Sunda.

Rahasia Nasi Lengko yang lezat

Kelezatan nasi lengko, kuliner legendaris Tegal, terletak pada perpaduan bahan-bahannya yang sederhana tetapi kaya rasa. Nasi putih yang pulen menjadi dasar dari hidangan ini, dengan tambahan potongan tempe, tahu, tauge, timun, dan bawang goreng.

BACA JUGA: Wajib Dicoba! Makanan Khas Tegal Enak Bisa untuk Oleh-oleh dan Sudah Melegenda

Sentuhan gurih tercipta dari kuah kacang yang terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan, bawang putih, cabai, dan gula merah. Uniknya, nasi lengko juga dilengkapi dengan kerupuk yang menambah tekstur dan memperkaya rasa.

Nasi lengko mempunyai rasa yang beragam, tergantung dari masing-masing penjual. Tidak jarang Nasi lengko pun ditambahkan bahan-bahan seperti daun bawang, bawang goreng, atau daging ayam suwir untuk memperkaya rasanya.

Ciri Khas Nasi Lengko

Ternyata, kuliner legendaris Tegal satu ini punya ciri tersendiri, beda dari yang lain lho. Yang pertama, isian nasi lengko yang melimpah menjadi salah satu daya tarik utama bagi pembeli.

Nasi yang disiram bumbu kacang yang kental dilengkapi dengan aneka sayuran seperti tauge, mentimun, dan kol, dan tak tertinggal juga irisan tahu, tempe, dan kerupuk yang menambah tekstur renyah, dijamin saat kamu menyantapnya akan ketagihan!

BACA JUGA: Emang Ngangenin, Ini 10 Makanan Khas Lebaran di Indonesia, Ada yang Sudah Jadi Icon

Yang kedua, bumbunya meresap sempurna ke dalam setiap isian, menciptakan perpaduan rasa yang harmonis. Penggunaan bawang goreng yang melimpah, memberikan aroma khas pada Nasi Lengko.

Bawang goreng akan ditaburkan di atas nasi dan sayuran, membuat setiap suapan terasa semakin nikmat. Wangi yang harum langsung membuat kamu tak sabar untuk menyantapnya.

Penyajian Nasi Lengko

Jika kamu mencicipi kuliner legendaris Tegal ini, punya penyajiannya yang unik. Nasi lengko biasanya disajikan di atas daun pisang yang lebar, aroma khas daun pisang berpadu dengan gurihnya nasi menambah nafsu makan.

Lauk-pauk yang tertata rapi seperti sebuah lukisan kuliner. Selain itu, keberadaan irisan mentimun yang segar memberikan kesan yang segar dan menyeimbangkan rasa gurih dari lauk-pauk lainnya.

Sumber: