H-5 Lebaran, Pemudik Pakai Motor Mulai Padati Pantura Brebes

H-5 Lebaran, Pemudik Pakai Motor Mulai Padati Pantura Brebes

Kapolres Brebes (kanan) saat mengikuti zoom dengan Kapolda Jateng terkait arus mudik 2024.(istimewa)--

RADAR TEGAL - H-5 menjelang lebaran, arus lalu lintas di Jalur Pantura Brebes mulai ramai oleh pemudik. Terutama pemudik yang menggunakan roda dua atau motor.

Pantauan di lapangan, sejak Jumat 5 April 2024 pagi hingga sore hari jalur Pantura Brebes ramai dipadati pemudik yang menggunakan roda dua. Tidak hanya roda dua, pemudik yang menggunakan sepda roda empat juga nampak terlihat di jalur Pantura Brebes.

Hal ini terpantau banyaknya plat kendaraan roda empat dari kota-kota besar di Jakarta dan sekitarnya.

Peningkatan arus juga terjadi di sekitar pertigaan Cermai Ketanggungan sampai dengan Fly Over Dermoleng. Kepadatan didominasi mobil pribadi dan bus pengangkut para pemudik. 

BACA JUGA: Tinjau Persiapan Mudik Lebaran 2024 di Stasiun Tegal, Ini yang Disampaikan Sekda Provinsi Jateng

Dimana lokasi tersebut juga merupakan titik pemberlakukan rekayasa lalulintas satu arah untuk kendaraan yang menuju Purwokerto yang dilakukan oleh jajaran Polres Brebes sebagai antisipasi terjadi kepadatan saat puncak arus mudik mendatang.

"Mulai kemarin sore peningkatan arus sudah mulai nampak baik di jalur arteri Pantura maupun jalur Pejagan-Purwokerto. Namun masih terpantau lancar," kata Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq saat mengikuti Zoom pantauan pengamanan arus mudik lebaran di Pos Terpadu Pejagan, Jumat yang dipimpin oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Dalam kesempatan itu, pihaknya akan memaksimalkan pengamanan arus mudik di wilayah Brebes. Hal ini karena diperkirakan akan terus mengalami peningkatan mendekati lebaran. 

"Salah satu kerawanan terjadinya kemacetan yakni di jalur tengah. Mulai dari Pejagan-Klonengan. Namun sudah kami antisipasi dengan menerjunkan personel serta melakukan rekayasa lalulintas," paparnya.

BACA JUGA: Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan Ditinjau Pj Gubernur Jateng

Terkait pemberlakuan sistim satu arah di daerah Ketanggungan, lanjut Kapolres, dirinya berharap kepada masyarakat sekitar untuk dapat bekerjasama. Dan kepada para pemudik untuk selalu waspada dan mematuhi arahan petugas dilapangan.(*)

Sumber: