Tinjau Persiapan Mudik Lebaran 2024 di Stasiun Tegal, Ini yang Disampaikan Sekda Provinsi Jateng

Tinjau Persiapan Mudik Lebaran 2024 di Stasiun Tegal, Ini yang Disampaikan Sekda Provinsi Jateng

Sekda Provinsi Jateng tinjau persiapan mudik lebaran 2024 di Stasiun Tegal--

RADAR TEGAL- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno melakukan tinjauan kesiapan lebaran di Stasiun Tegal, Jumat 5 April 2024 siang. Pada kesempatan, itu dirinya menyampaikan beberapa pesan.

Menurut Sekda Jateng Sumarno, momentum mudik Lebaran 2024 akan berdampak positif pada perekonomian daerah. Dari proyeksi yang ada masuknya pemudik di Jateng, perputaran uangnya diperkirakan hampir Rp17 triliun. 

"Harapan kami, mudiknya lancar dan berdampak pada perekonomian di Jateng. Karena perputaran uang begitu besar, sehingga perantau, pemudik, dan masyarakat Jateng tambah sejahtera," katanya.

Menurut Sumarno, pemudik dengan tujuan Jateng pada mudik Lebaran 2024 diperkirakan meningkat hampir 55 persen dibanding tahun 2023. Karenanya, para pemudik itu diharapkan bisa membelanjakan uangnya di wilayah Jateng. 

BACA JUGA: Tips Mudik Lebaran 2024 Pakai Motor Matic Plus Bawa Barang, Harus Cek Bagian Ini & Wajib Berangkat Jam Segini

"Termasuk ketika beristirahat di Rest Area Banjaratma Brebes saat mudik lebaran 2024. Bisa membeli makananan dan aneka UMKM setempat," terangnya.

Rest area Heritage KM 260 Banjaratma tidak hanya menjadi tempat beristirahat. Namun juga sebagai tempat wisata sejarah dan belanja. 

"Tempat ini memanfaatkan bangunan cagar budaya berupa pabrik gula peninggalan Belanda. Sehingga banyak yang mampir di sana," tandasnya. 

Pada Lebaran 2023, kata dia, kendaraan yang masuk di rest area tersebut 20 ribu unit. Tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan, sehingga berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut pemudik.

BACA JUGA: Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan Ditinjau Pj Gubernur Jateng

"Sudah disiapkan skenario untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, termasuk lamanya waktu antre di rest area area juga harus dipersiapkan. Karena tahun ini pemudik yang datang akan lebih banyak, sehingga kesiapannya harus lebih matang,” imbuhnya. 

Sementara itu, Sumarno berserta rombongan juga melakukan tinjauan mudik lebaran 2024 di terminal Tegal, gerbang tol Pejagan, dan rest area Banjaratma. (*)

Sumber: