27 Barang Milik Pemudik Senilai Rp19,5 Juta Diamankan, Merasa Kehilangan? Lapor ke Stasiun Terdekat

Petugas menyerahkan barang milik pemudik yang tertinggal kepada pemiliknya--
SEMARANG, radartegal.com - Sedikitnya 27 barang milik pemudik yang hilang atau tertinggal berhasil diamankan PT KAI Daop IV SEMARANG sepanjang arus mudik dan balik Lebaran Idulfitri 2025. barang-barang senilai Rp19,5 juta itu mulai dari tas dan dompet beserta isinya hingga dokumen berharga.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan selama masa Angkutan Lebaran 2025 Jumat-Minggu 21 Maret-6 April 2025 pihaknya mengamankan 27 barang temuan. Dengan total nilai mencapai Rp19,5 juta.
"Sepanjang 17 hari masa angkutan Lebaran, kami telah mengamankan barang-barang yang tertinggal. Selanjutnya, kami langsung dimasukkan ke dalam sistem database Lost and Found KAI," katanya.
Franoto mengungkapkan barang-barang yang tertinggal itu cukup beragam. Seperti tas beserta isinya, barang elektronik, dompet, jaket, dokumen penting, hingga helm.
BACA JUGA: Jelang Arus Mudik, PT KAI Tutup 10 Perlintasan yang Tak Dijaga di Wilayah Daop IV Semarang
BACA JUGA: Mulai 1 Februari 2025, PT KAI Ubah Jadwal Kereta Api
"Sebagian besar sudah berhasil kami kembalikan kepada pemiliknya. Sistem Lost and Found milik KAI menjadi wujud nyata kepedulian perusahaan terhadap keamanan dan kenyamanan pelanggan," ujarnya.
Franoto menegaskan barang bawaan tanggungjawab pribadi masing-masing pelanggan. Namun sebagai bentuk pelayanan prima, KAI tetap berkomitmen untuk membantu mengamankan dan mengembalikan barang-barang yang tertinggal.
Selanjutnya, Franoto mengimbau kepada penumpang yang merasa kehilangan barang dapat langsung melaporkannya kepada petugas di stasiun maupun melalui Contact Center KAI 121. Sehingga nantinya dapat segera ditindaklanjuti.
"Selain itu, untuk mencegah terjadinya kehilangan barang, petugas announcer secara rutin memberikan imbauan kepada penumpang. Agar selalu memperhatikan barang bawaannya, baik saat berada di stasiun maupun di atas kereta," tandasnya.
BACA JUGA: Tiga Hari Arus Balik Lebaran, 14.688 Pemudik Kembali ke Perantauan dari Stasiun Tegal
BACA JUGA: Puncak Arus Balik Lebaran 2025 5-7 April, Pemudik Diimbau Manfaatkan Diskon Tarif Tol 20 Persen
Franoto menambahkan, komitmen KAI terhadap layanan Lost and Found merupakan bagian dari visi pihaknya. Utamanya dalam membangun ekosistem transportasi yang aman, nyaman, dan berkelanjutan.
"Pelayanan pelanggan terus ditingkatkan, seiring dengan inovasi layanan yang responsif dan humanis. Kami ingin masyarakat semakin yakin memilih kereta api sebagai moda transportasi massal yang tidak hanya efisien dan ramah lingkungan, tapi juga mengedepankan keamanan dan kenyamanan dalam setiap perjalanannya,” pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: