Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan Ditinjau Pj Gubernur Jateng

Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan Ditinjau Pj Gubernur Jateng

ARUS MUDIK- Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana memantau persiapan menyambur arus mudik Lebaran 2024 di Terminal Tirtonadi, Surakarta, 4 April 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL-  Menjelang arus mudik Lebaran 2024, Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan Kota Surakarta ditinjau Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana bersama forkopimda, Kamis, 4 April 2024. Hal ini untuk memastikan kesiapannya.

Didampingi Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro, dan Walikota Surakarta, Pj Gubernur melakukan pengecekan menjelang arus mudik Lebaran 2024. Pengecekan diawali dari Terminal Tirtonadi, Kota Surakarta. 

Di terminal itu, Nana meninjau fasilitas cek kesehatan, cek angkutan atau armada, serta Posko Lebaran Terminal Tirtonadi.

"Sudah cukup bagus, ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat, bahwa sopir dan kernet harus melalui tes kesehatan. Tadi saya lihat semua dicek mulai mata, gula darah, dan tekanan darah,” kata Nana.

Di Terminal Tirtonadi, lanjut Nana, pengecekan kendaraan juga dilakukan secara berkala. Setiap bus yang masuk terminal langsung dicek untuk memastikan kondisi kendaraan aman selama perjalanan. 

BACA JUGA:Amankan Arus Mudik, Polres Tegal Terjunkan 388 Personil

Selama ini di Terminal Tirtonadi ada 40 trayek AKAP yang dilaksanakan oleh sekitar 75 PO. Selain itu, juga ada 16 trayek AKDP oleh 25 PO, serta angkutan aglomerasi dalam kota Trans Jateng dan Trans Solo.

"Posko pengamanan dan petugas juga sudah siap. Posko berjalan tanggal 3-18 April. Mereka akan terus melakukan tugas dan memberikan pelayanan kepada para penumpang atau pemudik," katanya.

Sementara itu, untuk volume kendaraan dan penumpang di Terminal Tirtonadi belum ada kenaikan signifikan. Kondisi per hari ini masih dalam rata-rata volume kendaraan atau armada bus di Tirtonadi, yaitu sekitar 400-500 armada. 

Ketika memasuki arus mudik Lebaran 2024 atau puncak mudik bisa sampai 1000 bus bahkan bisa sampai 1.300 bur per hari. 

BACA JUGA: Jalur Alternatif Kabupaten Pemalang Dipetakan, Antisipasi Lonjakan Arus Mudik 2024

"Maka perlu kesiapan dari petugas, dalam hal ini kita di-backup TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan. Jadi kami yakin untuk terminal Tirtonadi ini mampu untuk memberikan pelayanan untuk para pemudik," kata Nana.

Hal sama juga terlihat saat pantauan dan mengecek Stasiun Solo Balapan. Keseluruhan hasil pantauan kesiapan menjelang arus mudik Lebaran 2024, petugas sudah siap menerima dan memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik ke Soloraya.

Sumber: