Generasi Z dalam Bingkai Moderasi Beragama

Generasi Z dalam Bingkai Moderasi Beragama

PENULIS: Fitriyanto, MPd (Dosen Universitas Pancasakti Tegal) --

3. Jangan mengganggu orang lain yang berbeda agama dan keyakinan.

4. Jangan melecehkan agama dan keyakinan orang lain.

5. Jangan menghasut atau menjadi provokator bagi timbulnya kebencian dan permusuhan antar umat beragama. 

Jadi, moderasi beragama merupakan alat perekat antara semangat beragama dengan komitmen berbangsa dan bernegara. Yakinlah bahwa bagi kita, bagi bangsa Indonesia bahwa beragama pada hakikatnya adalah ber-Indonesia dan ber-Indonesia itu pada hakikatnya adalah beragama.

Moderasi beragama harus kita jadikan sebagai sarana mewujudkan kemashlahatan kehidupan beragama dan berbangsa yang rukun, harmonis, damai, toleran, serta taat konstitusi, sehingga kita bisa benar-benar menggapai cita-cita bersama menuju Indonesia maju. Untuk itu, mari kita jaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia ini. Yang telah diperjuangkan dengan penuh pengorbanan, termasuk oleh tokoh dan umat beragama, para pahlawan kita.

Oleh karena itu sebagai bagian dari kaum Generasi Z saya mengajak kaum muda Indonesia sebagai orang yang memiliki peran penting dalam membawa negeri ini dimasa depan marilah kita membangun interaksi yang baik dan intensif. Mari kita tumbuh kembangkan lagi sikap toleransi di dalam diri dan lingkungan kita Supaya kita sebagai generasi penerus bangsa ini bisa memberikan kontribusi positif dan kebhinekaan terjalin erat kembali dalam diri dan negara yang kita cintai ini. (*)

Penulis: Fitriyanto, MPd

(Dosen Universitas Pancasakti Tegal) 

Sumber: