5 Kuliner Khas Brebes Yang Unik dan Nikmat, Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Brebes

 5 Kuliner Khas Brebes Yang Unik dan Nikmat, Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Brebes

KULINER - 5 Kuliner Khas Brebes Yang Unik dan Nikmat--

BACA JUGA: Dear Pecinta Kuliner Brebes, Ratusan Pedagang di Alun-alun Pindah ke Kompleks Stadion Karangbirahi

Semakin lama proses pengasinan, membuat perubahan pada warna kuning telur semakin bagus. Biasanya Proses pengasinan sekitar 14- 15 hari. Telur asin juga bisa menjadi oleh – oleh bagi kamu yang berkunjung ke Brebes. Kemunculan telur asin di Brebes telah terjadi sejak abad ke- 18.

3. Nasi Lengko

Nasi lengko menjadi salah satu kuliner khas Brebes yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Brebes. Nasi lengko merupakan sajian nasi putih hangat yang disajikan dengan potongan kecil tempe dan tahu yang digoreng, irisan mentimun yang segar, tauge yang direbus, bawang goreng, saus kacang, dan kecap manis yang diencerkan. 

Kemudian bumbu kacang dan kecap maning disiramkan di atas nasi beserta lauk. Agar terasa lebih nikmat, nasi lengko biasanya dinikmati dengan kerupuk dan bawang goreng.

4. Nasi Adep – Adep Brebes

Nasi Adep – Adep merupakan sajian nasi putih dengan berbagai lauk sebagai pelengkapnya. Lauk yang disajikan berbagai jenis sayuran seperti, kacang panjang, kol, urap, mentimun, petai, jengkol dan terong.

Selain sayuran ada juga menu lain yang ditambahkan seperti, ikan teri, tempe, telur, dan kepala parut.

Dulunya, Nasi adep – adep hanya disajikan untuk acara tertentu saja, misalnya lamaran, bayi lahir ketika sudah pulang ke rumah, dan acara pernikahan. Saat acara pernikahan, pembagian adep – adep dilakukan sebagai simbol tanda bahwa kewajiban orang tua terhadap anak – anaknya telah terselesaikan. 

BACA JUGA: Enak Nemen! Ini Dia 8 Jajanan dan Kuliner Tegal yang Wajib Dicoba Wisatawan

Nasi adep – adep ini kemudian dibagikan kepada kerabat, tetangga, saudara, dan pihak lain yang terlibat. Namun kini, kamu bisa menikmati adep – adep kapan saja terutama pada saat berkunjung ke Brebes. Harga Nasi adep – adep pun cukup murah kisaran 5 ribuan saja. 

5. Sate Blengong

Dikutip dari buku Makanan Khas Jawa Tengah oleh Prasita Puspita Sari (2020) sate blenggong merupakan kudapan yang sangat populer dan mudah ditemukan di Brebes. Hal itulah yang menjadi sate blengong menjadi kuliner khas Brebes jadi favorit wisatawan sejak dulu.

Daging blengong memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang gurih mirip dengan daging bebek tetapi, daging blengong ini lebih tebal dibandingkan daging bebek. Kalau diperhatikan secara sekilas, sate blengong ini mirip seperti sate yang lainnya.

Hanya saja sate blengong memakai tusuk bambu lebih besar dan panjang, dengan sekitar 7 potong daging untuk setiap tusuknya.

Sumber: