5 Kuliner Khas Brebes Yang Unik dan Nikmat, Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Brebes

 5 Kuliner Khas Brebes Yang Unik dan Nikmat, Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Brebes

KULINER - 5 Kuliner Khas Brebes Yang Unik dan Nikmat--

RADAR TEGALBrebes dikenal sebagai kabupaten penghasil bawang merah dan telur asin berkualitas tinggi di indonesia. Namun, selain sentral bawang merah dan telur asin, Brebes juga terkenal dengan beberapa kuliner khas Brebes yang wajib dicoba saat berkunjung ke Brebes.

Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke Brebes belum mencicipi kuliner khas Brebes. Pasalnya, makanan khas Brebes ini memiliki cita rasa yang unik, nikmat, dan kelezatan yang tidak bisa ditemukan di kota – kota lain. 

Maka dari itu, menu kuliner khas Brebes harus masuk ke daftar makanan yang wajib kamu coba dan sebagai oleh – oleh yang harus dibawa saat berkunjung ke Brebes. Aneka menu kuliter di Brebes siap menggoyang lidah kamu dengan kelezatannya.

Penasaran apa saja kuliner khas Brebes yang bisa jadi rekomendasi saat berkunjung ke Brebes ? Ini dia beberapa kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Brebes. Simak sampai selesai ya.

BACA JUGA: Yuk Coba! 4 Rekomendasi Wisata Kuliner Terkenal Tegal, Nikmati Berbagai Makanan Enak Ini

Kuliner Brebes

1. Bandeng Bakar Lumpur

Brebes sendiri kaya akan komoditas perikanan karena letaknya yang dekat dengan laut. Komoditas perikanan di Brebes salah satunya yaitu ikan bandeng. Sebelum dibakar ikan bandeng terlebih dahulu dibumbui dan dibalut dengan menggunkan daun pisang.

Ikan bandeng kemudian dibakar menggunakan lumpur di atas api. Lumpur yang digunakan tidak boleh sembarangan lumpur, melainkan lumpur khusus dari tambak bandeng itu sendiri. Pembakaran di atas bara api memberikan cita rasa yang unik.

Ketika sudah matang, luaran ikan bandeng akan keras sebab lumpur yang dibakar tadi. Namun, setalah lumpur itu dibuka putih daging ikan bandeng bakar akan terlihat.

Untuk rasanya, jangan diragukan lagi. Daging ikan bandeng yang lembut sangat cocok disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan sambal yang pedas. 

2. Telur Asin

Telur asin menjadi salah satu kuliner khas Brebes yang cukup populer. Pasalnya Brebes sebagai daerah penghasil telur asin terbesar di Indonesia. Cita rasa telur asin yang gurih dan berwarna jingga pada kuning telur banyak disukai masyarakat. 

Seiring berkembangnya waktu dengan bertambah majunya fasilitas internet yang menunjang dukungan untuk bisa lebih memperluas pengetahuan kini masyarakat Brebes dapat mengolah telur asin dengan beragam farian rasa, seperti telur asin panggang, telur asin rebus, telur asin bakar dan telur asin pindang.

Sumber: