4 Jenis KUR untuk UMKM Beserta Manfaatnya, Yuk Tentukan Pilihan yang Tepat untuk Usaha Anda

4 Jenis KUR untuk UMKM Beserta Manfaatnya, Yuk Tentukan Pilihan yang Tepat untuk Usaha Anda

4 jenis KUR untuk UMKM beserta manfaatnya-freepik-

RADAR TEGAL – Ada 4 jenis KUR untuk UMKM yang bisa dimanfaatkan dengan sejumlah manfaat yang berbeda-beda. Masing-masing jenis kredit usaha ini memiliki perbedaan tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis KUR untuk UMKM ini sama-sama bisa memberikan modal kepada pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Sebab, tujuan dari program kredit ini memang diperuntukan untuk pertumbuhan UMKM di tanah air.

Tidak hanya itu, jenis KUR untuk UMKM ini juga penting untuk Anda ketahui agar bisa menentukan mana sekiranya cocok untuk usaha Anda. Ditambah lagi agar Anda juga bisa menyesuaikan kemampuan membayar cicilannya nanti.

Selengkapnya di bawah 4 jenis KUR untuk UMKM beserta masing-masing manfaatnya. Simak ulasan ini sampai akhir tulisan.

4 Jenis KUR untuk UMKM

KUR merupakan salah satu sumber pinjaman yang menawarkan bunga rendah dan syarat mudah untuk keperluan usaha. Pemerintah Indonesia sudah bekerjasama dengan sejumlah bank di tanah air untuk menyediakan program satu ini.

BACA JUGA: Perbandingan Pinjaman KUR BRI dan Non KUR, Mana yang Punya Bunga Lebih Kecil??

Dana KUR sendiri asalnya dari APBN yang dialokasikan untuk program kredit usaha rakyat. Tujuannya demi mengurangi kesenjangan ekonomi dan mendongkrak usaha kecil, mikro, dan menengah di Indonesia.

1. KUR Mikro

Jenis kredit usaha rakyat yang disediakan bank konvensional yaitu KUR Mikro. Jenis pinjaman ini bisa memberikan nasabahnya dengan limit pinjaman sampai Rp25 juta.

Untuk persyaratannya biasanya lebih sederhana dibanding jenis yang lain. Selain itu, suku bunga yang dibebankan juga tergolong rendah.

2. KUR Ritel

Jenis KUR untuk UMKM yang berikutnya yaitu Ritel, yang mana dikhususkan untuk pelaku usaha kecil dan menengah. Limit pinjamannya jauh lebih besar dibanding jenis Mikro, yaitu sampai Rp500 juta.

BACA JUGA: Pinjaman Modal Usaha Lewat KUR Mandiri 2024, Solusi Keuangan untuk Pengusaha Kecil

Sumber: