Antisipasi Aksi Copet Menjelang Lebaran, Pengamanan Pasar Pagi Kota Tegal Diperketat

 Antisipasi Aksi Copet Menjelang Lebaran, Pengamanan Pasar Pagi Kota Tegal Diperketat

PASAR PAGI- Pengamanan pasar mulai diperketat pasca adanya lonjakan pengunjung sejak memasuki awal bulan Ramadhan. Hal ini juga sebagai langkah antisipasi aksi copet.-Agus Wibowo-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Antisipasi aksi copet menjelang Lebaran terus dilakukan. Salah satunya dengan memperketat pengamanan Pasar Pagi Kota Tegal.

Hal ini menyusul lonjakan pengunjung Pasar Pagi Kota Tegal yang sudah mulai terlihat. Antisipasi aksi copet langsung dilakukan bagian Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) setempat. 

Pemantauan via CCTV, imbauan melalui pengeras suara hingga patroli secara langsung pun dilakukan. Pengetatan pengamanan sebagai langkah antisipasi aksi copet menjelang Lebaran dan tindak kriminal lainnya.

Koordinator Trantib Pasar Tradisional Kota Tegal Muhammad Arum mengatakan bahwa pengamanan pasar mulai diperketat pasca adanya lonjakan pengunjung sejak memasuki awal bulan Ramadhan. 

BACA JUGA: Pedagang Pasar Pagi Kota Tegal Mengeluh, Eskalator Baru Belum Berfungsi, yang Lama Malah Mati

"Personel juga tiap waktu kami sebar. Demikian dengan pemantauan secara khusus via CCTV hingga imbauan melalui pengeras suara," katanya, Senin, 25 Maret 2024. 

Apalagi saat ini, pengunjung Pasar Pagi Tegal sudah mulai ada peningkatan. Secara otomatis pengamanan pun diperketat untuk mengantisipasi aksi copet dan kriminal lainnya.

"Laporan tiap-tiap personel juga wajib dilakukan. Terkait pemantauan kinerja patroli," jelasnya. 

Selain di Pasar Pagi Kota Tegal, pengamanan serupa dilakukan di sejumlah pasar tradisional lainnya. Baik itu di Pasar Martoloyo, Langon, Randugunting, Kejambon, Kraton, Pasar Bandung dan Pasar  Sumurpanggang, Pasar Krandon, dan Pasar Karangdawa. 

BACA JUGA: Pedagang Pasar Pagi Blok A Berharap Sterilisasi Area Masuk Hanya Sementara: Tidak Menggusur

"Namun memang hanya Pasar Pagi saja yang dari pagi sampai sore pun masih banyak aktivitas. Sehingga pengamanan pun lebih diperketat," tegasnya. 

Arum juga mengucap syukur karena sampai dengan sekarang belum ada laporan copet. Hal ini karena tim keamanan selalu sigap dalam pengawasan di lapangan serta melakukan antisipasi aksi copet sedari awal. 

Terkait antisipasi aksi copet menjelang Lebaran ini, salah satu pengunjung Pasar Pagi, Mutmaenah warga asal Brebes, mengaku senang karena mendapatkan edukasi dan pengamatan langsung oleh tim keamanan pasar setempat. 

"Saya juga sempat disamper tim keamanan, agar waspada dan menaruh tas dengan aman. Dan alhamdulilah saya senang respon ini," pungkasnya. (*)

Sumber: