4 Penyebab Harga Mobil Sedan di Indonesia Lebih Murah, Salah Satunya karena Minat Konsumen

4 Penyebab Harga Mobil Sedan di Indonesia Lebih Murah, Salah Satunya karena Minat Konsumen

OTOMOTIF- Menurunnya minat konsumen membuat harga mobil sedan murah.-(Ilustrasi Pinterest)--

RADAR TEGAL - Pasaran harga mobil sedan di Indonesia yang lebih murah dari jenis mobil lainnya, menjadi fenomena menarik dalam beberapa tahun terakhir. Dulu, mobil sedan identik dengan harga yang mahal dan eksklusif, sehingga hanya diminati oleh kalangan menengah ke atas. 

Namun, kini harga mobil sedan murah di Indonesia semakin terjangkau, bahkan beberapa modelnya bisa dibeli dengan harga setara dengan mobil MPV kelas menengah. Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan, apa yang menyebabkan harga mobil sedan di Indonesia menjadi murah?

Penyebab harga mobil sedan murah tak sesimpel kedengarannya, terdapat beberapa faktor tertentu yang menjadi penyebabnya. Karena itu kali ini kita akan mengulik sedikit tentang hal ini.

BACA JUGA: 7 Mobil Sedan Klasik Bekas Ini Harganya Gak Nyampe 50 Juta, Rekomended Buat yang Muda-muda

Penyebab harga mobil sedan lebih murah

1. Penurunan Minat Konsumen

Salah satu faktor utama yang menyebabkan harga mobil sedan murah adalah penurunan minat konsumen terhadap jenis mobil ini. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil sedan di Indonesia mengalami penurunan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2019, penjualan mobil sedan hanya mencapai 64.000 unit, turun dari 100.000 unit di tahun 2017. Penurunan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Kondisi infrastruktur jalan yang kurang memadai: Banyaknya jalan berlubang dan polisi tidur di Indonesia membuat mobil sedan kurang nyaman dikendarai.
  • Kebutuhan masyarakat yang lebih memilih mobil dengan kapasitas penumpang yang lebih besar: Masyarakat Indonesia umumnya lebih memilih mobil MPV dan SUV yang dapat menampung banyak penumpang.
  • Stigma bahwa mobil sedan adalah mobil mewah yang mahal: Stigma ini membuat banyak orang enggan membeli mobil sedan karena takut dianggap boros dan sombong.

BACA JUGA: 5 Mobil Sedan Mewah Bekas Harga 500 Jutaan, Masih Worth It Dipakai Saat Ini

2. Persaingan Ketat

Persaingan antar merek mobil sedan di Indonesia semakin ketat. Hal ini membuat para pabrikan mobil harus berusaha keras untuk menarik minat konsumen dengan menawarkan berbagai strategi, salah satunya adalah dengan menurunkan harga jual mobil sedan.

3. Kebijakan Pemerintah

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan beberapa kebijakan yang bertujuan untuk mendorong penjualan mobil sedan di Indonesia, seperti:

  • Relaksasi pajak: Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil sedan diturunkan dari 10% menjadi 0% untuk mobil sedan dengan mesin 1.500 cc ke bawah.
  • Insentif PPnBM 0%: Pemerintah memberikan insentif PPnBM 0% untuk mobil sedan dengan emisi gas buang yang rendah.

BACA JUGA: 3 Mobil Sedan Bekas Harga Rp70 Jutaan Terbaik yang Dari Masa Ke Masa Masih Terus Dicari, Ini Daftarnya

Sumber: