Mitos dan Legenda Telaga Dringo di Banjarnegara, Konon Dijaga Sosok Kerbau Bertanduk Emas

Mitos dan Legenda Telaga Dringo di Banjarnegara, Konon Dijaga Sosok Kerbau Bertanduk Emas

Mitos Telaga Dringo di Banjarnegara-Tangkapan layar YouTube/Anggara W. Prasetya-

Telaga Dringo yang tepatnya berada di kompleks dataran tinggi Dieng, Desa Pekasiran, Batur, Banjarnegara ini terbentuk dari letusan Gunung Sinila pada 1786 lalu. Akibat letusan ini akhirnya menyisakan kawah mati berupa cekungan besar mirip bentuk mangkuk.

Seiring waktu, cekungan itu terisi air dan akhirnya menjadi Telaga Dringo seperti yang dilihat seperti sekarang. Sementara nama ‘Dringo’ sendiri berasal dari sejumlah tanaman obat yang tumbuh alami di sekitar danau.

Telaga Dringo merupakan salah satu tempat wisata pilihan di Banjarnegara. Tidak hanya itu, letaknya yang berada sekitar ketinggian 2.222 meter di atas permukaan laut menjadikannya sebagai telaga tertinggi di Jawa Tengah.

BACA JUGA : Bikin Mewek, Telaga Biru di Halmahera Mitosnya Terbentuk dari Air Mata Gadis yang Menangis 3 Hari 3 Malam

Mitos Telaga Dringo di Banjarnegara

Danau ini memang menawarkan keindahan alam dan air yang cantik bagi siapapun yang datang berkunjung. Meski begitu, Telaga Dringo di Banjarnegara ini tidak luput dari mitos tertentu yang sudah dipercaya masyarakat setempat.

Konon, telaga ini dijaga oleh sosok kerbau bertanduk emas. Ia kabarnya menjaga danau tersebut dari orang-orang yang merusak keasrian alam sekitarnya.

Jika ada yang tidak menjaga kebersihan atau keasrian alam di telaga, maka diyakini orang tersebut bisa mendapatkan kesialan. Meski keberadaan kerbau bertanduk emas ini tidak bisa dibuktikan, masyarakat percaya akan keberadaannya sejak dulu.

Terlepas dari sosok kerbau tersebut, memang sudah sebaiknya dimanapun berada agar tetap menjaga keasrian tempat yang didatangi. Jangan rusak apapun yang ada di tempat tersebut dan mengotori tempat seperti berkata atau bertindak kasar, membuang sampah, dan sebagainya.

BACA JUGA : Indah dan Menakjubkan! Ternyata Ini 3 Mitos Telaga Sarangan, Tidak Boleh Bermesraan di Area Danau?

Penutup

Telaga Dringo memang menyimpan legenda dan mitos yang sudah dipercaya sejak dulu oleh masyarakatnya. Terlepas dari itu, banyak pengunjung yang datang ke telaga ini untuk sekedar menghirup udara segar, kemah, maupun berfoto ria.

Itulah mitos seputar Telaga Dringo di Banjarnegara yang bisa Anda ketahui, beserta legenda, dan asal muasalnya. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: