Mitos dan Legenda Telaga Dringo di Banjarnegara, Konon Dijaga Sosok Kerbau Bertanduk Emas

Mitos dan Legenda Telaga Dringo di Banjarnegara, Konon Dijaga Sosok Kerbau Bertanduk Emas

Mitos Telaga Dringo di Banjarnegara-Tangkapan layar YouTube/Anggara W. Prasetya-

RADAR TEGAL – Telaga Dringo di Banjarnegara menyimpan legenda dan mitos yang sudah diyakini masyarakat setempat sejak dulu. Dibalik keindahan danau ini, ia juga jadi salah satu tempat wisata yang menyimpan hal mistis.

Mitos dan legenda Telaga Dringo di Banjarnegara ini memang tidak benar-benar terbukti kebenarannya. Namun, tidak sedikit masyarakat asli daerah tersebut mempercayai ceritanya sejak turun temurun.

Semua daerah termasuk Telaga Dringo di Banjarnegara memang selalu menyimpan dan legenda dan mitos tersendiri. Meski begitu, tempat wisata ini cukup populer dan banyak didatangi wisatawan luar daerah.

Selengkapnya berikut mitos dan legenda Telaga Dringo di Banjarnegara. Simak pembahasannya sampai akhir.

Legenda 

Ada legenda terkenal tentang Telaga atau Danau Dringo ini yang menjamur di masyarakat. Dulunya konon ada 2 putra Rsi Gautama yang bernama Guwarso dan Guwarsi, serta 1 putri bernama Dewi Anjani.

BACA JUGA : 5 Mitos Telaga Ngebel Ponorogo, Erat Dikaitkan dengan Sosok Naga Baru Klinting

Anak-anak Rsi Gautama tersebut bertarung satu sama lain untuk merebutkan piala berupa cangkir Cupu Manik Astagina. Cangkir istimewa itu jika tutup bawahnya dibuka, maka bisa menunjukan suatu peristiwa di dunia.

Sementara jika tutup atasnya terbuka, akan memberikan pemandangan suatu peristiwa di surga atau disebut Sorga Loka. Sang Rsi Gautama kesal melihat putra putrinya saling bertarung, kemudian ia melempar cangkir tersebut ke udara.

Hal inilah yang membuat bagian cangkir bagian atas dan bawah terpisah. Bagian atas yang disebut Dringo jatuh ke tanah yang kemudian berubah menjadi Danau Dringo yang dikenal saat ini. 

Sementara bagian atasnya jatuh di tempat cukup jauh dan di tempat yang berbeda. Bagian ini kemudian berubah menjadi danau yang kini dikenal sebagai Danau Merdada, namun masih ada di wilayah yang sama yaitu Banjarnegara.

BACA JUGA : Kisah Tragis di Telaga Sunyi, Benarkah Menjadi Lokasi Penampungan Mayat?

Asal mula

Cerita di atas tadi merupakan legenda terkenal yang beredar di masyarakat. Terlepas dari benar tidaknya, tentu ada penjelasan ilmiah soal asal muasal Telaga Dringo di Banjarnegara ini.

Sumber: