5 Mitos yang Tidak Boleh Dilakukan di Malam Hari, dari Mulai Menyapu sampai Potong Kuku

5 Mitos yang Tidak Boleh Dilakukan di Malam Hari, dari Mulai Menyapu sampai Potong Kuku

MITOS - 5 Mitos yang tidak boleh dilakukan di malam hari--

RADAR TEGAL - Indonesia memang tidak bisa terlepas dengan namanya mitos. Sejumlah mitos kerap kali kita dengar di kalangan masyarakat seperti mitos bangunan peninggalan bersejarah, tempat wisata, bahkan mitos yang tidak boleh dilakukan di malam hari.

Mitos merupakan suatu cerita yang biasanya diceritakan dan dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat. Hampir semua hal kehidupan beriringan dengan yang namanya mitos, tak terkecuali salah satunya ada mitos yang tidak boleh dilakukan di malam hari. 

Mitos sendiri dapat mempengaruhi keyakinan, nilai, dan perilaku masyarakat yang menerimanya. Meski tak sedikit yang tidak masuk akal, mitos yang tidak boleh dilakukan di malam hari banyak pula yang menganggapnya sebagai pantangan atau pamali.

Yakni aktifitas yang manakala jika hal itu dilanggar akan muncul atau menimbulkan hal-hal buruk. Nah buat kamu yang penasaran mengenai mitos yang tidak boleh dilakukan di malam hari, silakan simak artikelnya sampai selesai.

Beberapa mitos yang tidak boleh dilakukan di malam hari

1. Mandi Malam Hari

Mitos Yang Tidak Boleh dilakukan di Malam Hari yang pertama yaitu mandi malam hari. Mitos mandi malam hari ini dipercaya akan membuat seseorang sakit atau menimbulkan masalah kesehatan lainnya. 

Namun, sebenarnya mandi malam tidak berbahaya namun perlu digaris bawahi asalkan tidak terlalu lama dan tidak menggunakan air yang terlalu panas. Selain itu mandi malam juga dapat membuat tidur kita lebih tidur lebih nyenyak karena tidak gatal ataupun bau keringat.

2. Bersiul di malam hari dapat memanggil setan

Tanpa disadari, mungkin kamu pernah bersiul di malam hari. Masyarakat mempercayai bahwa bersiul di malam hari dapat memanggil setan, sehingga dianggap sebagai salah satu mitos yang tidak boleh dilakukan di malam hari.

Mitos ini telah melekat kuat dalam budaya masyarakat sehingga membuat orang ragu untuk bersiul di malam hari.Di sisi lain, ada keyakinan bahwa jika seseorang bersiul di malam hari, nantinya kita akan mendengarkan balasan siulan dari setan saat kita sedang tertidur.

Terlepas dari itu, bersiul di malam hari ternyata kurang sopan karena dapat menggunakan keluarga atau tetangga yang sedang beristirah di malam hari.

3 Tidak boleh menyapu di malam hari

Mitos yang tidak boleh dilakukan di malam hari selanjutnya yaitu menyapu di malam hari. Banyak masyarakat Jawa yang percaya jika menyapu di malam dapat mengusir rezeki.

Sumber: