Masuk Panen Raya, DPKP Jamin Stok Beras di Brebes Aman Hingga Lebaran

Masuk Panen Raya, DPKP Jamin Stok Beras di Brebes Aman Hingga Lebaran

Selama Ramadhan hingga lebaran nanti, DPKP Brebes mengklaim pasokan beras di Brebes aman. Hal ini lantaran bulan ini masuk panen raya di komoditas padi.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes mengklaim stok beras di Brebes aman hingga Lebaran nanti. Hal itu disampaikan oleh Kepala DPKP Brebes Yulia Hendrawati, Rabu 20 Maret 2024.

Yulia menyebutkan, di bulan ini Kabupaten Brebes memasuki masa panen raya untuk komoditas padi. Karenanya, dirinya memastikan untuk stok beras di Brebes dipastikan aman.

Terkait stok beras di Brebes, dia menyebutkan, di Maret ini total ada 6.242 hektar (Ha) luas tanam. Dengan luas panen mencapai 22.753 Ha. Dan produksi Gabah Kering Giling (GKG) mencapai 127.318 ton GKB.

"Sedangkan untuk ketersediaan beras pada bulan ini mencapai 21.229 ton beras. Dengan kebutuhan beras bulan ini mencapai 12.331 ton. Sehingga ada surplus 68.898 ton beras," ujarnya mengungkap stok beras di Brebes.

BACA JUGA: Stok Beras di Kabupaten Tegal Surplus Hingga Berapa Bulan ke Depan

Bahkan, di bulan depan (April, Red), stok beras di Brebes menurutnya mengalami surplus. Dia merinci, total ada 17.818 Ha luas tanam dan luas panen mencapai 12.201 Ha. Untuk GKG, kata dia, mencapai 64.064 ton beras.

"Kalau untuk kebutuhan beras bulan depan itu diperkirakan mencapai 12.466 ton. Jadi ada surplus 28.407 ton," jelasnya.

Dia menambahkan, dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes yang luas lahan padi yang masuk masa panen yakni Jatibarang dan Banjarharjo. Untuk di Jatibarang sendiri total ada 1.714 Ha dengan produksi GKG mencapai 8.717 ton. Sedangkan di Kecamatan Banjarharjo total ada 1.540 Ha dengan produksi GKG mencapai 8.838 ton.

Demikian informasi terkait stok beras di Brebes. Semoga ketersediaan stok bisa mengembalikan harga beras kembali ke normal.(*)

Sumber: