4 Larangan Mendaki Gunung yang Dipercaya Orang Indonesia, Bisa Fatal Jika Dilanggar

4 Larangan Mendaki Gunung yang Dipercaya Orang Indonesia, Bisa Fatal Jika Dilanggar

4 larangan mendaki gunung yang dipercaya orang Indonesia-freepik-

RADAR TEGAL – Ada 4 larangan ketika mendaki gunung yang dipercaya orang Indonesia. Jika nekat dilanggar, maka bisa berakibat fatal nantinya bagi si pendaki.

Larangan mendaki gunung yang dipercaya orang Indonesia ini memang tidak tertera dalam peraturan tertentu secara tertulis. Namun, biasanya masyarakat begitu percaya bahwa jika pantangan-pantangan ini dilanggar, perjalanan pendakiannya tidak akan mulus.

Terlebih jika seorang pemula, wajib hukumnya untuk tahu larangan apa saja ketika mendaki gunung yang dipercaya orang Indonesia. Sebab, tanah air ini memang tidak luput dari segala hal yang berbau mistis atau misteri.

Itulah sebabnya mengapa para pendaki harus tahu 4 larangan mendaki gunung yang dipercaya orang Indonesia. Berikut ini ulasannya.

4 Larangan mendaki gunung yang dipercaya orang Indonesia

Gunung termasuk salah satu tempat yang menyimpan banyak misteri. Tidak heran mengapa banyak gunung di Indonesia memiliki mitos tertentu yang sudah dipercaya masyarakat turun temurun.

BACA JUGA: Mitos Larangan Tidur Tengkurap Kaki Diangkat ke Atas Dianggap Kurang Sopan, Kok Bisa?

Masyarakat percaya, jika ada sejumlah pendaki yang melakukan tindakan tidak sepantasnya maka pendakiannya bisa bermasalah. Maka dari itu penting untuk ketahui pantangan ketika mendaki gunung agar meminimalisir kejadian tersebut selama pendakian.

1. Berkelahi dengan pendaki yang lain

Terkadang rasa lelah ketika mendaki bisa memicu emosi seseorang. Namun, usahakan agar tidak membuat keributan dengan teman pendaki atau pendaki lain yang tidak sengaja dijumpai.

Berkelahi ketika mendaki cukup berbahaya terlepas dari pantangan yang ada. Terlebih jalur pendakian gunung yang biasanya curam, bisa membuat seseorang tidak sengaja terperosok ketika berkelahi.

Sudah sepatutnya sebagai sesama pendaki agar saling tolong menolong dibanding harus berdebat. Jangan sampai terpancing amarah yang bisa berujung membahayakan keselamatan.

BACA JUGA: 5 Mitos Sunda Penuh Misteri, Termasuk Larangan Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan yang Masih Melegenda

2. Sengaja melakukan hal yang melanggar mitos

Sumber: