11 Mitos Pamali Masyarakat Jawa, Terkesan Aneh Tapi Ada Makna Tersirat di Dalamnya

11 Mitos Pamali Masyarakat Jawa, Terkesan Aneh Tapi Ada Makna Tersirat di Dalamnya

MITOS- Mitos Pamali Masyarakat Jawa--

Mitos ini sering dikatakan orang tua ketika anaknya menduduki bantal. Namun maksud sebenarnya mengingatkan bahwa bantal itu untuk alas kepala dan tidak sopan disamakan dengan pantat.

10. Makan sambil tiduran bisa jadi ular 

Sebenarnya, makan sambil tiduran itu berbahaya untuk kesehatan karena dapat mengakibatkan gangguan pencernaan sebab naiknya asam lambung hingga tersedak. Selain itu makan sambil tiduran membuat tempat tidur menjadi kotor.

Ular hanya sebagai alibi agar merasa takut dan tidak melakukan itu. Hal itu juga demi kesehatan pencernaan karena bahaya dampaknya jika makan sambil tidur.

11. Dilarang memakai baju hijau di Pantai Selatan

Mitos ini masih diyakini hingga sekarang. Alasannya karena hijau identik dengan baju Nyi Roro Kidul.

BACA JUGA: Identik dengan Mitos Kerajaan Nyi Roro Kidul, Benarkah Pakai Baju Hijau di Pangandaran Bisa Menghilang?

Namun, sebenarnya melarang menggunakan pakaian hijau dipantai untuk menghindari ketika terjadi sesuatu hal yang tidak dinginkan. Misalnya tenggelam di pantai, agar memudahkan tim SAR dalam pencarian karena hijau adalah warna yang menyatu dengan laut sehingga menjadi samar.

Itu dia beberapa mitos pamali masyarakat Jawa yang dapat dimbil makna nilai kebaikannya, kita harus tetap menghormati dan menghargai kepercayaan yang ada di masyarakat. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: