11 Mitos Pamali Masyarakat Jawa, Terkesan Aneh Tapi Ada Makna Tersirat di Dalamnya

11 Mitos Pamali Masyarakat Jawa, Terkesan Aneh Tapi Ada Makna Tersirat di Dalamnya

MITOS- Mitos Pamali Masyarakat Jawa--

Aktivitas ini dilarang karena dipercaya dapat menyapu rezeki dalam artian orang dulu mengatakan "nanti rezekinya seret". Meskipun yang namanya rezeki sudah diatur oleh Tuhan YME, tetapi kita harus menghargai mitos tersebut.

4. Pamali mengambil makan sebelum orang tua

Mitos ini mengandung makna tersirat yang mengajarkan bentuk kesopanan terhadap orang tua. Karena lebih baik orang tua mengambil terlebih dahulu, sehingga yang muda tidak menyisakan makanan untuk orang tua.

5. Seorang gadis dilarang duduk di depan pintu karena akan sulit jodoh

Kepercayaan masyarakat tersebut diambil nilai positifnya saja karena hal itu menunjukkan ketidaksopanan terhadap orang yang hendak lewat. Dengan duduk di depan pintu itu berarti mengahalangi orang yang ingin masuk dan keluar dari kebiasaan masyarakat Jawa yaitu unggah-ungguh.

BACA JUGA: Mitos Air Terjun Grojogan Sewu, Dari Roh Leluhur, Kretek Pegat, Kakek Penunggu Hingga Patung Ular

6. Anak kecil dilarang keluar rumah saat sendakala 

Mitos yang beredar jika anak kecil keluar saat maghrib bisa diculik wewe gombel. Sebenarnya banyak cerita mengenai anak yang diculik oleh wewe gombel atau dalam Islam namanya Ummu Sibyan.

Wewe gombel itu dipercaya sosok makhluk halus yang menyukai anak kecil. Mungkin ada benarnya karena saat maghrib merupakan waktu setan berkeliaran di luar sehingga anak kecil lebih baik di dalam rumah. Selain itu juga agar anak tidak bermain sampai larut malam sehingga sebelum maghrib harus pulang.

7. Bersiul di malam hari dapat memanggil setan

Biasanya tanpa sengaja seseorang bersiul di malam hari, kemudian ditegur oleh orang tuanya. Orang dulu percaya bersiul dapat memanggil setan, tetapi sebenarnya bersiul dapat mengganggu seseorang yang sedang beristirahat

8. Nyapu tidak sampai bersih, nanti suaminya brewokan

Mitos ini kerap kali digunakan untuk menyuruh anak gadis agar menyapu sampai bersih, katanya nanti suaminya brewokan jika masih kotor. Terlepas dari mitos itu memang seharusnya menyapu itu sampai bersih jangan setengah-setengah itu juga untuk kenyamanan rumah.

BACA JUGA: Mitos Air Terjun Nglirip di Tuban Terbongkar! Benarkah Pasangan yang Berkunjung Akan Putus Cinta?

9. Duduk di bantal bisa jadi bisulan

Sumber: