Jangan Lari! Begini 7 Cara Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Jangan Lari! Begini 7 Cara Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Cara Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah.--

RADAR TEGAL – Di era yang serba digital seperti ini, kini masyarakat makin mudah dalam melakukan pinjaman uang, salah satunya melalui pinjaman online atau pinjol. Berikut ini cara menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah.

Beberapa belakangan ini, banyak masyarakat kesulitan melunasi utang pinjol, yang menyebabkan pada  situasi  di mana seorang debt collector (DC) pinjol datang ke rumah. Oleh karena  itu, berikut kami sajikan cara menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah.

Dengan mengetahui cara menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah, Anda bisa lebih tenang meski telah gagal bayar. Tidak perlu lari dari kejaran DC karena itu bukan solusinya.

Menghadapi DC pinjol memang dapat menjadi pengalaman yang menegangkan bagi beberapa orang. Jadi, tidak perlu berlama-lama, berikut ini cara menghadapi DC pinjol  yang datang ke rumah.

BACA JUGA: 3 Cara Mengatasi DC Pinjol yang Nekat ke Rumah saat Ramadan, Ibadah Bisa Kembali Tenang

Cara menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah

 

1. Kenali Hak Anda

Tahukah Anda bahwa sebagai peminjam, maka Anda mempunyai hak-hak tertentu. Oleh karena itu ketahuilah hak-hak Anda seperti hak untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai utang Anda.

Kemudian terdapat hak untuk tidak terindimidasi atau mendapatkan perlakuan buruk, atau pun hak untuk tidak menerima ancaman atau pelecehan verbal, ya.

2. Verifikasi Identitas DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Perlu Anda ingat bahwa sebelum memberikan informasi pribadi atau membayar utang, maka pastikan bahwa DC yang datang ke rumah merupakan DC yang sah. Anda perlu meminta mereka menunjukkan identitas dan surat tugas resmi dari perusahaan pinjol.

Jangan sampai memberikan informasi atau melakukan pembayaran pada orang yang tidak  dapat memverifikasi identitas mereka, ya.

BACA JUGA: 5 Cara Menghadapi DC Pinjol Lapangan Tahun 2024 dengan Benar, Tahan Diri Jangan sampai Terpancing

3. Minta Bukti Utang ke Pihak DC

Apabila DC mengklaim bahwa Anda mempunyai utang  tertentu, maka mintalah bukti utang yang jelas, ya. Sebab, Anda berhak untuk meminta salinan perjanjian pinjaman, pernyataan transaksi, atau dokumen lalinnya yang membuktikan jumlah utang Anda.

4. Tetap Tenang dalam Menghadapi DC Pinjol

Tahukah Anda bahwa DC mungkin mencoba untuk mengggunakan taktik intimidasi untuk membuat Anda membayar utang dengan segera, lho. Meskipun begitu, Anda harus tetap tenang dan jangan terpengaruh oleh ancaman atau tekanan dari Mereka, ya. Anda perlu  ingat bahwa  Anda memiliki hak untuk tidak diintimidasi atau dianiaya.

5. Bicara dengan jujur

Apabila Anda memang mempunyai utang yang belum dilunasi. Maka, cobalah untuk berbicara dengan DC secara tenang dan  sopan, ya.

Anda hanya perlu menjelaskan mengenai situasi keuangan Anda, termasuk mengapa Anda belum dapat melunasi utang tersebut. Jangan sampai Anda lari, karena lari tidak akan memperbaiki keadaan.

BACA JUGA: Beberapa Pengakuan Mantan DC Pinjol yang Sempat Viral Bongkar Sisi Gelap Dunia Pinjaman Online

6. Ajukan Keluhan Apabila Diperlukan

Apabila DC pinjol berperilaku tidak etis atau telah melanggar hak-hak Anda, maka Anda dapat mengajukan keluhan kepada otoritas yang berwenang, ya. Mereka nantinya akan membantu Anda dalam menangani  kasus pelanggaran yang sedang dialami.

7. Pertimbangkan Alternatif

Apabila Anda meresa kesulitan untuk membayar utang secara penuh, maka Anda perlu mempertimbangkan opsi alternatif. Contohnya saja, Anda bisa negosiasi utang, repfrogram pembayaran, dan sejenisnya, ya.

Penting bagi Anda untuk mencari solusi yang dapat membantu Anda keluar dari masalah  keuangan yang sedang Anda alalmi. Intinya adalah menghadapi DC pinjol yang datang ke rumah bukanlah situasi yang menyenangkan.

Namun, dengan pengetahuian dan persiapan yang tepat, maka Anda bisa mengatasi situasi tersebut dengan bijaksana bukan. Perlu Anda ingat juga bahwa umumnya DC pinjol akan datang ke rumah ketika nasabah telat membayar selama 7 hari atau lebih, ya.

BACA JUGA: Apakah DC Pinjol Tetap Menagih di Bulan Puasa Ramadan? Cek Jawabannya di Sini

Pada tahap awal DC akan menghubungi nasabah melalui telepon atau pun WA. Kemudian, apabila nasabah tidak merespon, maka DC pinjol nantinya akan datang ke rumah.

Demikian ulasan mengenai cara menghadapi DC pinjol yang datang  ke rumah. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: