Selain Kurma, Ini 6 Buah yang Baiknya Dikonsumsi saat Buka Puasa, Cepat Ganti Cairan Tubuh yang Hilang

Selain Kurma, Ini 6 Buah yang Baiknya Dikonsumsi saat Buka Puasa, Cepat Ganti Cairan Tubuh yang Hilang

6 buah yang baiknya dikonsumsi saat buka puasa -freepik-

3. Jeruk

Buah yang baik dikonsumsi saat buka puasa selain kurma yaitu jeruk. Jeruk mengandung karbohidrat, air, dan gula berbentuk glukosa, fruktosa, serta sukrosa. Meski kandungan gulanya tidak bisa meningkatkan gula darah, penderita diabetes tetap bisa konsumi buah ini.

4. Apel

Buah yang baiknya dikonsumsi saat buka puasa yaitu apel. Kandungan airnya tidak sebanyak semangka, namun apel kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Jadi, mengonsumsi apel juga bisa meminimalisir masalah pencernaan seperti sembelit saat puasa. 

5. Mangga

Mangga jadi salah satu buah yang cocok dimakan saat berbuka. Dalam satu potongnya ada sekitar 257 gram zat kalium yang bisa memenuhi 25 persen kebutuhan vitamin A, serta ada 76 persen vitamin C.

Maka dari itu, mangga sangat direkomendasikan sebagai menu ketika berbuka baik sebelum atau setelah makan berat. Kandungan vitamin dan mineralnya bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang seharian. 

BACA JUGA : 5 Makanan dan Jajanan Murah di Tegal yang Cocok untuk Berbuka Puasa, Harga Mulai 2 Ribuan Saja

6. Stroberi

Rekomendasi buah yang baik dimakan saat berbuka berikutnya yaitu stroberi. Buah ini bisa membantu untuk mengontrol gula darah.

Tidak hanya itu, stroberi bisa memperlambat proses pencernaan glukosa maupun gula. Jadi, meski puasa seharian tubuh tetap bisa dapat asupan gizi dan cairan tanpa takut gula darah naik berkat buah ini.

Tips puasa anti lemas

Buah yang baiknya dikonsumsi saat buka puasa tadi hanyalah sebagai salah satu bantuan kecil untuk membuat tubuh kembali fit. Pastikan agar Anda selalu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh agar puasa berjalan lancar.

Jangan konsumsi makanan-makanan berminyak, cepat saji, pedas, terlalu asin atau terlalu manis dalam jumlah berlebihan. Tetap kontrol segala asupan saat berbuka agar tidak memicu sejumlah masalah pencernaan yang sering terjadi.

Penutup

Sumber: