Tak Perlu Khawatir! Ini Dia 5 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Bulan Ramadhan

Tak Perlu Khawatir! Ini Dia 5 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Bulan Ramadhan

Ini Dia 5 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut saat Ramadan--

RADAR TEGAL - Kesehatan gigi dan mulut merupakan perhatian utama ketika menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Tips jitu menjaga kesehatan gigi dan mulut saat bulan puasa dirancang untuk memastikan bahwa perawatan gigi dan mulut tetap optimal. 

Diakui atau tidak, sebagian orang enggan untuk melakukan perawatan gigi dan mulut selama puasa karena takut batal. Padahal ada tips jitu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Lalu apa saja tips jitu menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa kita praktikkan? Simak tulisan ini sampai selesai. 

Karena di sini ada 5 tips jitu menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa membantu kamu saat berpuasa. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: 3 Manfaat Kayu Putih Selain untuk Kesehatan, Bisa Atasi Ketombe Hingga Sakit Gigi

Tips jitu menjaga kesehatan gigi dan mulut

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Tips jitu menjaga kesehatan gigi dan mulut yang pertama sangatlah mudah. Dianjurkan, menyikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari, saat bangun tidur dan sebelum tidur. 

Sebelum itu, memilih sikat gigi juga perlu diperhatikan, seperti pilihlah sikat gigi yang lembut, tidak melukai gusi, serta melindungi enamel gigi. Lebih dari itu, saat akan menyikat gigi, pastikan kamu menyikat seluruh permukaan gigi, termasuk sela-sela gigi, lidah, dan bagian dalam pipi.

Kamu juga perlu perhatikan waktu menyikat minimal dua menit untuk membersihkan secara menyeluruh. 

2. Gunakan Flossing atau Siwak

Ternyata menyikat gigi secara rutin belum cukup. Tips jitu menjaga kesehatan gigi dan mulut berikutnya yaitu gunakan flossing atau siwak. 

BACA JUGA: Malas Sikat Gigi? Ini Dia Deretan Mitos Tentang Kesehatan Gigi

Flossing atau benang gigi kunci utama dalam membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang masi menempel. Sedangkan siwak pembersih alami dan dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan memijat gusi.

Sumber: