7 Bahan Alami yang Bisa Menurunkan Kreatinin dalam Ginjal, Sehat dan Enak Disantap

7 Bahan Alami yang Bisa Menurunkan Kreatinin dalam Ginjal, Sehat dan Enak Disantap

--

RADAR TEGAL - Ginjal atau buah pinggang merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah dan berperan penting dalam menyaring zat beracun dalam tubuh. Untuk menjaga kesehatan ginjal, ketahui bahan alami yang bisa menurunkan kreatinin dalam ginjal.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang bahan alami yang bisa menurunkan kreatinin dalam ginjal, penting juga bagi kita untuk membahas apa itu kreatinin? Kreatinin adalah limbah kimia yang terdapat dalam darah dan akan disaring oleh ginjal kemudian dibuang melalui urine.

Agar ginjal tetap sehat, bahan alami yang bisa menurunkan kreatinin dalam ginjal perlu dimasukkan dalam menu harian kita. Karena, kadar kreatinin yang tinggi mampu menimbulkan penyakit yang serius, salah satunya gagal ginjal.

Lalu, apa saja bahan alami yang bisa menurunkan kreatinin dalam ginjal? Berikut ulasannya. 

BACA JUGA: Punya Gejala Batu Ginjal? Inilah 6 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui!

Bahan alami yang bisa menurunkan kreatinin dalam ginjal

1. Semangka

Buah semangka yang segar ternyata bisa menjaga kesehatan ginjal dan menurunkan kreatinin dalam ginjal loh. Kok bisa? Karena buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi.

Selain kandungan airnya tinggi, ternyata buah semangka juga mengandung antioksidan mampu menangkal radikalisasi yang akan masuk ke dalam tubuh. Perlu digaris bawahi, hindari mengkonsumsi buah semangka berlebihan, karena berisiko menghambat fungsi ginjal.

2. Kembang Kol

Bahan alami yang bisa menurunkan kreatinin dalam ginjal selanjutnya adalah kembang kol. Kandungan yang dimiliki kembang kol tidak kalah dengan lobak yaitu serat, vitamin k, vitamin b9 (folat), vitamin c, kalsium, zat besi, dan lainnya.

Secangkir kembang kol mengandung 124 gram yang dapat meningkatkan kinerja ginjal, sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal. Fungsi ginjal akan terjaga dengan baik dan kadar kreatinin akan tetap normal. 

BACA JUGA: Dr Zaidul Akbar Ungkap Satu Buah yang Bisa Sembuhkan Batu Ginjal, Bahkan Tanpa Lakukan Operasi

 

Sumber: