Sering Pakai Gadget? Ini 5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Sering Pakai Gadget? Ini 5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah--

RADAR TEGAL - Setiap aktivitas yang kita lakukan sehari-hari tak lepas dari peran mata sebagai indra penglihatan. Salah satunya seperti terlalu sering menatap layar gadget, hingga kebiasaan membaca di tempat gelap yang biasanya datang karena ketidaktahuan akan tips menjaga kesehatan mata.

Belum lagi adanya risiko penurunan fungsi mata seiring bertambahnya usia. Karenanya tips menjaga kesehatan mata tentunya perlu dipahami dengan baik.

Tanpa perlu biaya mahal dan cara yang rumit, tips menjaga kesehatan mata berikut bisa kamu lakukan di mana pun dan kapan pun kamu berada.

Untuk lebih jelasnya, simak sampai akhir 5 tips menjaga kesehatan mata yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Tentunya agar mata senantiasa sehat dan terjaga

BACA JUGA: 12 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh: Mengoptimalkan Kesehatan Mata hingga Menyehatkan Hati

Tips menjaga kesehatan mata

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Tips menjaga kesehatan mata paling mudah dengan cara mengkonsumsi makan yang sehat untuk mata. Sumber makanan untuk menjaga kesehatan mata yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam lemak omega-3, zink, hingga karotenoid.

Karotenoid termasuk dalam antioksidan yang bukan hanya baik untuk mata, tapi juga mampu membantu melindungi dari serangan penyakit, serta meningkatkan kekebalan tubuh. 

Kamu bisa memenuhi asupan gizi untuk menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden. 

2. Periksa Mata Secara Rutin

Bagi anak-anak ataupun orang dewasa sangat dianjurkan untuk memeriksakan mata secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Namun, orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun, disarankan untuk memeriksakan mata hanya satu tahun sekali saja.

BACA JUGA: Pantang Lemas! Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Puasa, Minum Air Kelapa Salah Satunya

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula. 

Sumber: