5 Menu Sahur yang Buat Mudah Lelah dan Ngantuk, Nomor Lima Sering Diabaikan

5 Menu Sahur yang Buat Mudah Lelah dan Ngantuk, Nomor Lima Sering Diabaikan

5 menu sahur yang buat mudah lelah dan ngantuk-freepik-

Namun, jenis-jenis gorengan kurang baik dikonsumsi ketika bulan puasa. Hal ini disebabkan banyaknya kandungan lemak tak jenuh yang sulit dicerna lambung.

Untuk bisa mencerna jenis makanan ini, maka organ tubuh butuh kerja ekstra sehingga memicu rasa cepat lapar dan lemas. Selain itu, gorengan juga cepat bisa memicu rasa kantuk karena kurangnya aliran darah di anggota tubuh. 

3. Daging berlemak tinggi

Menu sahur yang buat mudah lelah dan ngantuk yaitu daging terutama yang berlemak tinggi. Sama seperti gorengan tadi, daging yang memiliki lemak tinggi bisa memicu rasa lemas lebih cepat ditambah penyakit-penyakit tertentu jika dikonsumsi terlalu banyak.

Mengonsumsi daging dalam jumlah yang tidak dibatasi bisa membuat lambung butuh waktu lama untuk mencernanya. Akibatnya, energi bisa cepat berkurang dan memicu rasa lemas serta lapar.

BACA JUGA: 8 Tips Sahur yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW, Bikin Puasa Ramadan-mu Optimal dan Penuh Berkah

4. Kafein

Menu sahur yang harus dihindari berikutnya yaitu kopi atau kafein. Kandungan kafein memang bisa memberikan energi untuk tubuh dan atasi kantuk.

Namun, ketika kadar kafein dalam darah menurun, tentu tubuh akan langsung terasa lemas dan mengantuk. Selain itu, kafein juga membuat kinerja organ tubuh lebih cepat dan bisa memicu kerja kandung kemih.

Inilah mengapa ketika mengonsumsi kafein, seseorang bisa cenderung buang air kecil dan berujung merasa haus. Akibatnya, ketika menjalankan puasa maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

5. Tidak mengonsumsi zat besi

Jenis makanan sahur yang kurang tepat yaitu makanan-makanan yang tidak mengandung zat besi. Seringkali kandungan ini dilewatkan sebagian orang dalam menu santapan sehari-hari, terlebih saat bulan puasa.

BACA JUGA: Jangan Abaikan, Berikut Hidangan yang Dihindari saat Sahur dan Berbuka Puasa agar Puasa Makin Optimal

Padahal, makanan yang mengandung zat besi bisa meminimalisir rasa mudah lelah dan mengantuk. Contohnya, bisa konsumsi sayuran serta kacang-kacangan.

Penutup

Sumber: