7 Rekomendasi Minuman untuk Buka Puasa, Selain Nikmat tapi Juga Sehat

7 Rekomendasi Minuman untuk Buka Puasa, Selain Nikmat tapi Juga Sehat

RAMADHAN 2024- Es Cendol adalah salah satu rekomendasi minuman buka puasa terfavorit di Indonesia.-(Ilsutrasi Pinterest)--

RADAR TEGAL - Puasa di bulan Ramadhan menjadi momen spiritual yang dinanti umat Islam. Di balik rasa haus dan lapar, momen buka puasa selalu dinanti dengan penuh sukacita terlebih dengan minuman untuk buka puasa yang menjadi hidangan pembuka.

Memilih minuman untuk buka puasa yang tepat tidak hanya soal memuaskan dahaga, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh setelah seharian berpuasa. Mengapa demikian? Karena beberapa minuman justru akan membawa penyakit yang bisa mengganggu puasa kita.

Minuman untuk buka puasa hendaknya dapat terasa nyaman di tenggorokan dan di perut. Apalagi setelah kita seharian menahan dahaga serta menjalani aktivitas.

Mari kita jelajahi beberapa rekomendasi minuman untuk buka puasa yang nikmat dan menyehatkan. Simak penjelasan ini sampai akhir agar puasa kita lancar dan tubuh terhindar dari penyakit.

BACA JUGA: Rahasia Agar Tidak Haus Saat Berpuasa Ramadhan, Makan Makanan Ini 15 Menit Sebelum Imsak

1. Air Putih

Air putih adalah raja minuman buka puasa. Tubuh yang kekurangan cairan selama berpuasa membutuhkan asupan air yang cukup untuk mengembalikan hidrasi, melancarkan pencernaan, dan membuang racun. Minumlah air putih minimal 2 gelas saat berbuka puasa untuk membantu tubuh kembali segar dan berenergi.

2. Es Timun Suri

Es timun suri adalah primadona minuman buka puasa. Rasanya yang segar dan manis mampu membangkitkan selera dan melepas dahaga.

Kandungan air yang tinggi pada timun suri membantu menghidrasi tubuh, dan vitamin C serta kaliumnya menjaga kesehatan dan kebugaran. Timun suri juga rendah kalori dan lemak, menjadikannya pilihan ideal bagi yang ingin menjaga berat badan.

3. Jus Buah Segar

Jus buah segar menawarkan ledakan vitamin, mineral, dan antioksidan yang menguatkan sistem imun dan menjaga kesehatan tubuh. Pilihlah buah-buahan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, melon, atau jeruk untuk membantu hidrasi tubuh.

Gunakan madu sebagai pemanis alami dan hindari menambahkan gula berlebihan untuk menjaga kesehatan.

BACA JUGA: 10 Ide Menu Buka Puasa Ramadhan 2024, Sederhana Bisa Beli Maupun Buat di Rumah

Sumber: