Jangan Mudah Tergiur, Begini Kedok Penipuan Joki Pinjol saat Ramadan yang Sering Dilakukan

Jangan Mudah Tergiur, Begini Kedok Penipuan Joki Pinjol saat Ramadan yang Sering Dilakukan

Kedok penipuan joki pinjol saat Ramadan-freepik-

Padahal, penawaran ini merupakan modus penipuan yang nantinya bisa menjerumuskan peminjam ke sikluas hutang yang panjang. Belum lagi akan adanya teror jika tidak segera dibayarkan.

3. Tanpa Perlu Jaminan

Contoh tindak penipuan pinjol ilegal selanjutnya yaitu mengatakan kepada peminjamnya bahwa proses daftar tidak perlu adanya jaminan. Sekalipun si peminjam meminjam uang dalam jumlah yang besar.

Modus penipuan joki pinjol saat Ramadan satu ini sering terjadi dan menyasar orang-orang yang memiliki kebiasaan impulsif. Padahal, tindakan ini merupakan tindakan mengecoh korban agar terjerat dalam jumlah hutang yang tidak masuk akal besarnya.

Tips ambil pinjol yang tepat dan aman

Jika memang dirasa sangat butuh pinjaman untuk kebutuhan selama Ramadan, ada baiknya Anda meminjam di layanan yang memang sudah legal OJK. Jangan pernah nekat untuk ajukan di layanan yang belum resmi, jika tidak ingin menanggung sejumlah risiko tadi.

BACA JUGA: 5 Pinjol yang Ada DC Lapangan Terbaru 2024, Jangan Galbay kalau Gak Mau Didatangi Penagih Utang

Cek selalu legalitas pinjaman online di situs OJK atau WhatsApp resminya di 081157157157. Jangan sampai Anda menjadi salah satu korban penipuan joki pinjol saat Ramadan.

Pahami seluruh kebijakan yang diterapkan oleh layanan terkait sebelum mengajukan pinjaman. Pastikan juga agar Anda meminjam uang hanya berdasarkan kebutuhan dan kemampuan bayar. Jangan terlalu tergiur meski suku bunganya rendah.

Selain itu, menggunakan layanan legal juga membantu melindungi privasi Anda karena sudah sesuai aturan dari OJK. Berbeda dengan layanan ilegal yang bisa memanfaatkan data peminjam untuk tindak penipuan lainnya atau tindakan melanggar hukum yang fatal.

Penutup

Itulah sejumlah kedok penipuan joki pinjol saat Ramadan yang harus Anda ketahui. Selalu waspada dan cek legalitas layanan pinjaman online agar terhindar dari penipuan atau risiko fatal lainnya dari pinjol ilegal yang bisa saja terjadi. (*)

Sumber: