Tanggul Sungai Cisanggarung Brebes Kritis, Anggota DPRD Sampaikan Hal Ini

Tanggul Sungai Cisanggarung Brebes Kritis, Anggota DPRD Sampaikan Hal Ini

Proses pembuatan tanggul darurat di tanggul yang jebol di Desa Babakan, Kecamatan Losari terus dikebut.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Brebes menyoroti sejumlah tanggul Sungai Cisanggarung Brebes yang mulai kritis di wilayah Kecamatan Losari. Terlebih beberapa hari yang laku ada tiga titik tanggul Sungai Cisanggarung yang jebol dan menyebabkan bencana banjir 

Hingga saat ini tanggul sungai Cisanggarung Brebes yang kritis tersebut belum tertangani dengan baik oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung (Cimancis). Karenanya, sejumlah anggota DPRD Brebes berharap ada penantanan serius.

Anggota DPRD Brebes Muhaemin mengatakan, banyak keluhan warga terkait keberadaan tanggul sungai Cisanggarung yang kritis tersebut. Masyarakat banyak berharap tanggul yang kritis itu bisa ditangani dengan baik oleh BBWS Cimancis.

"Termasuk dua tanggul yang jebol kemarin, di Desa Babakan dan Desa Bojongsari diharapkan dapat segera tertangani," ujarnya.

BACA JUGA: 3 Tanggul Sungai Cisanggarung Brebes Jebol, 775 Kepala Keluarga Kebanjiran

Muhaemin yang sekaligus sebagai anggota Komisi 1 DPRD Brebes menjelaskan, bila tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin tanggul kritis di Kecamatan Losari akan semakin parah. Sehingga dapat menimbulkan bencana banjir.

"Saya minta pihak BBWS segera memperbaiki secara permanen di tahun ini. Kasihan masyarakat di Kecamatan Losari yang terdampak banjir," ujar Muhaemin.

Hal senada disampaikan anggota DPRD Brebes lainnya, M. Khajirin. Menurutnya,. persoalan tanggul Sungai Cisanggarung yang sering kali meluap berdampak pada sejumlah deda.

Dia mengungkapkan, meluapnya Sungai Cisanggarung, tidak hanya merendamkan ribuan rumah warga di sejumlah desa di Kecamatan Losari. Namun juga merendam lahan persawahan. 

BACA JUGA: Buntut Sungai Cisanggarung Meluap di Brebes, Satu Tanggul di Bojongsari Jebol

"Kami pernah menemui pimpinan BBWS Cimanuk-Cisanggarung untuk segera melakukan perbaikan tanggul, dari mulai ujung selatan di Desa Jatisawit hingga Desa Limbangan untuk segera dilakukan perbaikan tanggul kritis dan jebol," jelasnya

Sementara anggota DPRD Brebes Khoriroh, disela pemberian bantuan berharap pemerintah pusat melalui BBWS Cimanuk-Cisanggarung segera melakukan perbaikan tanggul kritis dan jebol di tahun ini. Pasalnya sejak lama sejumlah titik tanggul kritis belum pernah ditangani secara baik.

"Banjir kemarin mengganggu perekonomian warga. Jadi kami harap ada perbaikan bagi tanggul yang kritis," pungkasnya. (*)

Sumber: