Keistimewaan 10 Hari Pertama Amalan Bulan Ramadhan, Lakukan dengan Istiqomah, Pahala dan Berkah Terus Mengalir

Keistimewaan 10 Hari Pertama Amalan Bulan Ramadhan, Lakukan dengan Istiqomah, Pahala dan Berkah Terus Mengalir

10 Hari Pertama Amalan Bulan Ramadhan--pinterest

4. Bukanya Pintu Ampunan

Keempat, kebukanya pintu ampunan, yang mana dianjurkan untuk memperbanyak amalan soleh untuk mendapatkan imbalan dan pahala yang berkah. Hal ini telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist, berikut hadistnya:

"Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah subhanahu wa ta'ala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (HR.Bukhari dan Muslim)

5. Membaca Al-Qur'an

Kelima, 10 hari pertama amalan bulan Ramadhan sabagai ilmu, pengetahuan, dan petunjuk untuk kehidupan manusia. Oleh karena itu, siapa yang membaca Al-Qur'an akan mendapatkan pahala dan berkah yang berlipat ganda.

6. Tadarus Al-Qur'an

Berikutnya, sudah dijelaskan pada surat Al Baqarah ayat 185 bahwa di anatara amal kebaikan di bulan Ramadhan merupakan tadarus Al-Qur'an, dengan membaca, merenungkan, menelaah pada malam Ramadhan.

BACA JUGA: Amalan Selama Bulan Ramadhan yang Datangkan Pahala dan Berkah

7. Memperbanyak Dzikir

10 hari pertama amalan bulan Ramadhan yang ketujuh adalah memperbanyak dzikir yang bisa Anda lakukan di mana saja dan bahkan kapan saja. 

8. Berbagi Kepada Orang Berpuasa

Selanjutnya kedelapan yang mana disebutkan oleh Zaid bin Khalid meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, berikut:

"Barang siapa yang memebri makanan dan minuman dari hasil halal kepada orang yang sedang berpuasa, maka perlu Anda tahu, para malaikat akan mendoakannya di saat-saat tertentu pada bulan Ramadhan, dan malaikat Jibril akan mendoakan pula di malam Lailatul Qodr." (HR. Ahmad).

9. Salat Sunah

Amalan kesembilan ini, Anda perlu menganjurkan untuk memperbanyak sholat sunah, yang mana bisa dikerjakan anatara lain, salat tarawih, salat witir, salat sunah rawatib, hingga ibadah qiyamul lail atau salat tahajud.

Sumber: