Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data yang Paling Ampuh, Nomor 4 Paten Banget

Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data yang Paling Ampuh, Nomor 4 Paten Banget

Pinjol Sebar Data? Begini Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data yang Paling Ampuh--

RADAR TEGAL- Perusahaan pinjol alias pinjaman online telah menjadi alternatif solusi  bagi banyak orang. Namun, masih ada beberapa kasus di mana perusahaan pinjol, terutama yang ilegal atau tidak terdaftar Otoritas Jasa Keuangan, terlibat dalam praktik-praktik penyebaran data pribadi tanpa izin. Sehingga Anda perlu tahu bagaimana cara menghentikan pinjol sebar data pribadi.

Pada artikel ini akan mengulas bagaimana cara menghentikan pinjol sebar data pribadi. Berharap dapat menjadi solusi bagi yang sedang mengalaminya ataupun menjadi bekal saat menggunakan layanan pinjaman online.

Cara menghentikan pinjol sebar data pribadi ini dapat Anda gunakan apabila Anda merasa terdapat penyalahgunaan. Termasuk pelanggaran privasi, pencurian identitas, atau kegiatan kriminal lainnya.

Berikut cara menghentikan pinjol sebar data pribadi yang bisa membuat Anda tetap merasa aman, bebas kekhawatiran, dan stres dalam  menggunakan layanan pinjaman online.

BACA JUGA: Ciri Pinjol yang Ada DC Lapangan 2024, Nasabah Wajib Tahu Sebelum Mengajukan Pinjaman

Langkah menghentikan pinjol sebar data pribadi

1. Melunasi Utang atau Membuat Kesepakatan
 
Cara menghentikan pinjol sebar data pertama yang bisa Anda lakukan yakni melunasi utang pada pinjol beserta denda dan bunganya. Lalu bagi Anda yang belum mampu membayar utang pinjol, solusinya lakukan negosiasi perjanjian dengan jatuh tempo diperpanjang dan meminta keringanan dengan cara mencicil.

Namun sebelumnya Anda harus memenuhi perjanjian yang telah disepakati bersama, agar tidak ada tindakan ancaman yang lainnya.

2. Menghapus Izin Aplikasi Pinjol

Cara menghentikan pinjol sebar data ini adalah lanjutan dari cara yang pertama. Jika Anda telah selesai dengan semua utang yang Anda miliki, dalam artian sudah lunas semua, maka Anda bisa menghapus izin aplikasi pinjol di ponsel.

Caranya masuk ke pengaturan, masuk ke manajemen aplikasi, cari aplikasi pinjol menggunakan tabs pencarian setelah itu klik dan scrol ke bawah. Hapus semua izin aplikasi tersebut dengan tujuan meminimalisir kemunculan virus atau malware yang sangat berbahaya bagi ponsel anda.

BACA JUGA: Daftar Pinjol Legal Resmi OJK 2024, Pinjam dengan Aman Tanpa Rasa Was-was

3. Melapor ke OJK

Cara menghentikan pinjol sebar data yang paling sah mengatasi aksi pinjol sebar data adalah dengan melaporkannya ke OJK. Anda sebagai korban penyebaran data pribadi berhak mengadukan hal tersebut kepada OJK.

Adapun selanjutnya OJK akan menangani kasus Anda sekaligus melakukan penyelidikan kepada perusahaan penyedia pinjol yang melakukan penyebaran data pribadi.

Anda bisa melaporkan kasus ini ke OJK melalui telepon 157 pada hari Senin- Jumat pukul 08.00 -17.00 WIB, kecuali hari libur. Bisa lewat email : [email protected] atau from pengaduan online : http:[email protected]/From Pengaduan.

4. Kantor Polisi dan Kominfo
 
Kemudian jika Anda menjadi korban ancaman sebar data pribadi ataupun data sudah disebar, bisa melaporkannya ke kantor polisi terdekat agar ditindaklanjuti. Ataupun Anda juga bisa melapor tindakan sebar data oleh oknum pinjol tidak bertanggungjawab ke Kominfo.

Nah untuk mengadukan pengaduan ke Kominfo ana bisa mengontaknya melalui email yakni [email protected].

BACA JUGA: Pakai Aplikasi Pinjol yang Ada DC Lapangan Siap Datangi Nasabah Galbay

Sumber: